Ticker

6/recent/ticker-posts

Genshin Impact! Masih Worth It Untuk Mulai Bermain?

Sumber: Polygon.com

Genshin Impact adalah Game RPG-Open World Gacha yang dapat dimainkan secara gratis pada Platform PC, PS4, Android dan iOS. Game ini sudah berjalan selama sebulan, dan akan merilis update Version 1.1. Akan ada beberapa perubahan pada sistem permainan. Namun, yang paling banyak disorot adalah Original Resin dan sistem ReRoll, mengapa demikian? Buat kamu yang belum pernah bermain tapi penasaran seperti apa dampak dari update tersebut, yuk kita coba bahas satu persatu.

Original Resin adalah sebuah sisten Currency(?) yang dapat pemain tukarkan untuk membuka Chest atau menjelajah Domain. Original Resin diisi setiap 8 menit sekali dan total resin maksimal adalah 120. Sistem ini menjadi penghalang bagi pemain-pemain yang ingin melanjutkan Progress Game-nya dengan cepat karena hanya waktu yang dapat mengisi Original Resin. Hal ini tidak disukai pemain karena mereka 'ngebet' ingin segera menaikan karakter-karakter mereka. miHoYo sudah mendapatkan keluhan ini sejak lama, dan akhirnya mereka melakukan sesuatu soal ini: menambah kapasitas maksimal Original Resin. 

Hal ini membuat para pemain geram karena miHoYo hampir sama sekali tidak memberikan mereka apapun, karena menambah kapasitas Original Resin tidak sama dengan menambah jumlahnya. Original Resin diisi setiap 8 menit sekali, maka dalam seminggu pemain akan mendapatkan sekitar 1260 Resin, dengan atau tanpa penambahan kapasitas. miHoYo memberi perhatian pada para pemain yang tidak punya waktu untuk bermain secara intens, namun hal itu tidak dapat memuaskan semua orang. Di sisi lain, miHoYo seolah-olah memberikan pesan pada para pemainnya untuk mengurangi intensitas permainan mereka dan bermain sedikit demi sedikit.

Kemudian ReRoll. Untuk mendapatkan karakter bintang lima di Genshin Impact peluangnya sangat kecil, sekitar 0,6% saja. Presentase tersebut cukup gila dibandingkan dengan game-game sejenis. Di awal permainan, kamu dapat melakukan sekitar 50 kali Roll Gacha. Jika kamu tidak berhasil mendapatkan karakter bintang lima dalam akunmu, rasanya akan seperti ada yang kurang. Untuk mengakali hal itu, pemain biasanya melakukan ReRoll dengan membuat akun baru dan melakukan Roll Gacha lagi, begitu terus sampai mendapatkan akun dengan karakter bintang lima. 

Hal ini nampaknya cukup mengusik miHoYo, mengingat banyaknya akun 'buangan' yang tidak memiliki karakter bintang lima di dalamnya. Jadi miHoYo mengambil tindakan yang akan sangat merugikan pemain baru: menghapus ReRoll. Tidak secara gamblang dihapus, sih, namun jika sebelumnya kita membuat akun menggunakan username dan email, sekarang kita hanya dapat membuat akun baru dengan email saja. Artinya, kamu butuh membuat email baru jika ingin melakukan ReRoll, dan itu tidak cepat. Bukan hanya itu, sekarang pemain baru hanya dat melakukan sekitar 35 kali Roll Gacha di awal permainan. Jadi, dengan semakin 'malas' kamu membuat akun baru ditambah dengan semakin sedikitnya kesempatan melakukan Roll Gacha, kamu akan semakin sulit mendapatkan karakter bintang lima dengan akun baru. Sebagai catatan, bahkan dengan sistem ReRoll yang lama sekalipun kamu butuh membuat setidaknya tujuh akun untuk mendapatkan akun dengan karakter bintang lima, tergantung keberuntunganmu.

Jadi, sebenarnya tidak Worth It bagimu untuk membuat akun baru dan mulai bermain, jika dibandingkan dengan sistem yang lama. Sebaiknya kamu menunggu gelombang protes yang memaksa miHoYo membatalkan Nerf sistem ReRoll.

Posting Komentar

0 Komentar