Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! Kuliner dari Padang


Halo sobad jagaders, kali ini kita bahas kuliner dari Padang. Kita tahu yang terkenal dari Padang adalah masakan padangnya yaitu rendang. Tetapi masih banyak kuliner dari Padang lohh, yuk langsung simak aja dibawah ini!

1. Sate Lokan 

Pada umumnya kita mengenal jenis sate adalah sate ayam dan sate kambing, sate ini yang satu ini beda. Sate Lokan dari sejenis kerang lumpur yang hidup di pesisir laut Sumatera Barat. Lokan adalah hewan laut jenis kerang-kerangan, ukuran lokan sendiri besar dan tebal beda dengan kerang. Dalam penyajiannya daging lokan direbus dahulu dengan bumbu yang sudah diracik setelah matang kerang ditusuk dengan bambu dan dibakar hingka matang. Setelah itu di sajikan dalam piring beralas daun pisang dan tak lupa dengan siraman kuah kental.

Kuah kental tersebut berasal dari hasil rebusan daging lokan tadi lalu dicampur dengan tepung beras, bumbu dan rempah lainnya. Pada saat menyantapnya tak lupa dengan potongan ketupat dan taburan bawang goreng.


2. Kalio Dagiang
Makanan ini mirip dengan rendang daging, penyajiannya juga hampir serupa. Kalio disebut rendang setengah jadi karena berwarna kecoklatan beda dengan rendang coklat kehitaman. Kalio dagiang mempunya tekstur lengket, kalau rendang lebih kering. Kalio dibuat dengan daging apa saja seperti ayam, bebek, jerohan, telur hingga jengkol beda dengan rendang yang hanya daging sapi dan kebau.



3. Gulai Paku
Gulai Paku akan terdengar asing bagi orang-orang yang baru mendengarnya, tetapi makanan ini selain sangat lezat, nikmat kaya akan nutrisi. Bahan utamanya adalah sayuran berupa pakis, pakis adalah jenis paku-pakuan. Maka dari itu makanan ini disebut gulai paku. Tanaman ini banyak tumbuh di lahan gambut dan sangat mudah dijumpai di Sumatera Barat. Tetapi tidak semua jenis tanaman paku bisa dimakan atau dijadikan makanan ya. 

Dari penyajiannya sendiri terbilang mudah untuk dibuat. Asalkan bahan utamanya sudah ada. Seperti biasa pada setiap makanan kunci cita rasanya adalah bumbu, setelah bumbu selesai dibuat tumis bumbu tersebut lalu masukkan udang, santan cair, lalu yang terakhir santan kental, Daun dan Batang Pakis. Aduk hingga meresap dan setelah menunggu beberapa menit siap untuk disajikan kedalam mangkuk. Biasanya saat menyantap kuliner ini ditambah dengan ketupek. Ketupek adalah ketupat dari Pariaman.





Posting Komentar

0 Komentar