Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk! Ketahui 3 Fakta dari Nasi Liwet Kuliner Khas Bandung


Tampilan sajian nasi liwet dengan lauk pauk/ tokowahab.com

Selain nasi liwet solo, adapun nasi gurih dan berbumbu lainnya seperti nasi uduk, nasi lemak, nasi begono, nasi gemuk, dan nasi-nasi lainnya. Tetapi ternyata Bandung mempunyai nasi liwet juga seperti di solo, namun tetap saja setiap daerahnya memiliki awal cerita kenapa nasi ini di sebut nasi liwet dan ada beberapa fakta menarik juga dari nasi liwet khas bandung ini, termasuk nasi liwet tetap populer dan selalu di gemari oleh orang lokal maupun orang asing, yuk disimak apa saja fakta menarik tentang "Nasi Liwet Khas Bandung".

1. Berawal dari bekalan untuk ke perkebunan

Nasi liwet biasanya di makan ramai-ramai apalagi pada acara besar bersama keluarga besar, tapi ada satu fakta ternyata awal mula nasi liwet ini merupakan nasi bekalan para masyarakat pada saat pergi ke kebun, perjalanan yang jauh untuk menempuh ke perkebunan mengharuskan para pekebun membawa bekal yang lumayan, akhirnya membawa langsung dengan ketel atau kastrol yang sudah di isi oleh lauk dan tertutup rapat.

Sajian nasi liwet dengan ketel atau kastrol/ selerasa.com

2. Makanan penghemat, menjadi makanan istimewa

Kalangan orang dulu menghidangkan nasi liwet untuk menghemat karena tidak banyak untuk diberi lauk pauk termasuk makan nasinya saja sudah cukup karena sudah dibumbui, namun kini makanan nasi liwet menjadi sajian yang istimewa bahkan untuk orang luar bandung menjadi hal yang wajib untuk mencoba nasi liwet ini, dan kini nasi liwet sudah banyak beredar dimana-mana baik di pinggiran jalan maupun di restoran mewah. 

Sajian nasi liwet di restoran/ tirto.id

3. Ngaliwet, merupakan nama dari proses memasak

Ternyata panggilan "Ngaliwet" merupakan dari proses memasak nasi liwet tersebut, umumnya memasak dengan menggunakan katel atau panci yang terbuat dari perunngu atau baja, masukkan nasi dengan dilengkapi bumbu-bumbu seperti garam, daun salam, bawang, sereh, lengkuas, cabe, minyak. berbeda dengan nasi liwet solo, nasi liwet sunda tidak memakai santan dibanding dengan nasi liwet solo. Biasanya nasi liwet sunda disajikan dengan alas makannya menggunakan daun pisang, orang-orang akan duduk saling berdampingan dan bertatapan. 

Sajian nasi liwet dengan daun pisang/ Travel.kompas.com

Itulah beberapa fakta mengenai nasi liwet, jadi gimana? teman sejagad udah pada nyobain nasi liwet khas bandung bukan? jika kalian tau fakta menarik lainnya, jangan lupa komentar disini ya. 

Posting Komentar

0 Komentar