Ticker

6/recent/ticker-posts

Whoa! Masjid Ini Menggunakan Batu Giok ?! Ini Dia, Masjid Giok Aceh Darusalam

Picture by : seuramoeaceh.com
JagadMedia - Assalamu’alaikum Wr Wb, semoga teman-teman semua sehat dan selalu dalam Lindungan Allah SWT. 
Teman teman semua, pernahkah mendengar, melihat atau memegang bahkan memiliki batu giok ?. Ya…., Giok adalah salah satu jenis batu permata berwarna hijau yang umumnya dijadikan berbagai macam perhiasan, terutama cincin dan gelang dan dipercaya mempunyai khasiat-khasiat tertentu. 

Ketika kita mendengarkan batu Giok, biasanya yang terbayang oleh kita adalah negara Tibet. Memang… Batu Giok banyak berasal dari Tibet dan diperkenalkan ke seluruh dunia oleh Tibet. Tapi apakah semua batu giok hanya bisa dijadikan perhiasan.

Ada yang unik di Provinsi Aceh, yaitu daerah Kabupaten Nagan Raya. Kabupaten Nagan Raya berjarak kurang lebih 287 KM atau sekitar 6 jam perjalanan darat dari Kota Banda Aceh, Ibu Kota Provinsi Aceh. Disana terdapat sebuah masjid yang bernama Masjid Agung Baitul A’la yang lantainya semua terbuat dari batu giok. Masjid ini lebih dikenal dengan sebutan Masjid Giok, karena lantainya terbuat dari batu giok yang berasal dari pegunungan setempat. Masjid ini berada di kompleks perkantoran pemerintahan dan dibangun pada masa pemerintahan Bupati Nagan Raya Bapak Teuku Zukarnaini.

Dengan luas luas lantai mencapai 5.000 (lima ribu) meter persegi yang terdiri dari 3.000 meter persegi lantai satu dan 2.000 (dua ribu) meter persegi dilantai dua, semua dilapisi batu giok, maka ketika kita berkunjung ke masjid ini akan terasa sejuk dan takjub. Rasanya belum pernah kita melihat dan menyentuh batu giok sebesar itu. Dan hanya di mesjid ini kita bisa melakukan hal itu, melihat, menyentuh, berjalan dan shalat di atas batu giok.


 
Picture by : rri.co.id 

Sumber : acehnews.id

Mesjid yang berdaya tampung 5.000 (lima ribu) jamaah, saat ini sudah menjadi ikon dan destinasi wisata Religi bagi Kabupaten Nagan Raya. Bagi teman-teman yang berkesempatan berkunjung ke Aceh, tidak salahnya mesjid giok ini menjadi salah satu tujuan kunjungan dan kita berdoa semoga suatu saat teman-teman semua dapat berkunjung dan shalat di Masjid Giok ini. Amiin ya Rabbal Alamaiiin.

Writer

Johan Arifin

Posting Komentar

0 Komentar