Ticker

6/recent/ticker-posts

Apakah Dosa Menutup Masjid ? Berikut Penjelasannya

 

Di dalam ajaran agama Islam, shalat adalah salah satu kewajiban bagi setiap muslim. Yang kita  dibicarakan disini adalah shalat fardhu. Karena shalat fardhu ini hukumnya wajib, maka haram hukumnya jika kita sebagai umat muslim meninggalkannya.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa shalat berjamaah itu memiliki amalan yang besar  dibandingkan dengan shalat sendiri (Munfarid). Karena pada dasarnya shalat berjamaah itu dilakukan oleh 2 orang atau lebih, maka kaum muslim melakukan shalat berjamaah dimasjid.

Adapun keutamaan shalat berjamaah:

1. Dapat bersilaturahmi dengan muslim lainnya

 Kita dapat bertemu dengan orang-orang saleh dan dapat bersilaturahmi dengan mereka.

2. Meningkatkan kualitas shalat

Karena Shalat itu menjauhkan kita daripada kemunkaran, maka shalat berjamaah mendapatkan keutamaan yang lebih.

3. Mendapat Pahala shalat berjamaah

Dalam Hadits Riwayat Bukhari berbunyi:

Yang Artinya: "Salat berjamaah melampaui salat sendirian dengan (mendapatkan) 27 derajat." (HR. Bukhari)

4. Dijauhkan dari sifat munafik

Dalam Surat An-nisa ayat 142 berbunyi:

Yang Artinya: "Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah. Dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk salat, mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya' (dengan sholat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali." (An-Nisa: 142)

5.Diampuni dosanya oleh Allah SWT.

"Jika imam mengucapkan "Ghoiril maghdhubi 'alaihim waladhdholliin", maka ucapkan amin, karena sesungguhnya siapa yang mengucapkan amin bersamaan dengan ucapan malaikat maka ia akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda,

مَنْ سَمِعَ النِّدَاءَ فَلَمْ يَأْتِهِ، فَلَا صَلَاةَ لَهُ، إِلَّا مِنْ عُذْرٍ


”Barangsiapa yang mendengar adzan kemudian tidak mendatanginya, maka tidak ada shalat baginya kecuali bagi orang-orang yang mempunyai udzur.” (HRIbnu Majah)


Udzur yang kita bicarakan disini adalah saat ini bisa berupa wabah penyakit yang sekarang masih melanda daerah-daerah di Indonesia. Oleh karena itu, Ustadz Das’ad Latif berpendapat dalam suatu ceramahnya yang di upload di kanal Youtube beliau:


Kesimpulannya adalah, kita tidak akan mendapat dosa jika kita tidak pergi kemasjid jikalau memang ada udzhur yang menghalanginya. Namun udzur ini jangan dijadikan alasan untuk malas beribadah. Kita masih dapat shalat berjamaah dirumah bersama keluarga.

Mungkin dalam hal ini, kami masih memiliki kesalahan. Maka dari  itu diharapkan kalian dapat ikut berpendapat dikolom komentar. Terimakasih

Posting Komentar

0 Komentar