Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini dia! Beberapa fakta tentang Romawi kuno yang melegenda!


    

gambar :  https://wall.alphacoders.com/

    Hallo Jagadians!! Kali ini kita akan membahas tentang suatu bangsa yang kuat nih yaitu Romawi Kuno.Bangsa Romawi kuno adalah salah satu bangsa yang memiliki imperium kekaisaran yang luas, kuat dan melegenda.Berdiri mulai dari abad ke-8 SM sampai dengan runtuhnya Romawi Timur pada 1453 oleh Turki Usmani, menjadi tanda bahwa bangsa tersebut pernah mencapai puncak kejayaan yang menakjubkan.Sampai ada pepatah yang mengatakan “All roads lead to Rome”, yang berarti pada masa kejayaannya, Romawi adalah salah satu pusat besar peradaban dunia pada masa itu.Untuk itu, inilah beberapa fakta Romawi Kuno yang melegenda tersebut.


1.     Kebiasaan mandi bersama di pemandian umum

gambar :  https://www.romanbaths.co.uk

Bangsa Romawi terkenal dengan kebersihan diri mereka pada masa itu. Untuk menjadi pribadi yang higienis dan bersih, maka mereka membersihkan diri sekaligus bersosialisasi di pemandian umum ini.Tiap kolam ada tingkat temperatur tersendiri, menyesuaikan dengan cuaca dan iklim ditempat pemandian tersebut berada.Ini membuktikan bahwa bangsa Romawi selangkah lebih maju dalam hal higienitas dan kebersihan pada masa itu.

 

2.     Bangsa Romawi banyak menciptakan sesuatu yang masih digunakan sampai sekarang

gambar :  https://www.funkidslive.com/

Dikarenakan pengaruhnya yang sangat luas dan besar sejak dulu, Romawi kuno juga memiliki pengaruh yang kuat untuk menjadi fondasi berbagai penemuan bahkan sampai jaman modern seperti sekarang.Penomoran Romawi, koran, alat-alat operasi, adalah contoh penemuan bangsa Romawi yang masi dipakai sampai sekarang.Bahkan, jalan-jalan besar Romawi yang menghubungkan antar daerah pada jaman kuno tersebut masih dipakai hinggai sekarang sebagai jalan utama penghubung antar daerah di Eropa,Timur Tengah, sampai Afrika Barat.

3.     Arsitektur Romawi yang sangat menakjubkan

gambar :  https://www.re-thinkingthefuture.com/

Arsitektur Romawi terkenal dengan desain yang kuat, megah dan tahan lama.Mereka terkenal ahli dalam membuat fondasi lengkungan namun tereksekusi dengan sangat baik beberapa contoh bangunan peninggalan romawi yang masih ada sampai sekarang adalah Colloseum,Pantheon di Roma, Marcello Teater, Circus Maximus, dan masih banyak lagi bangunan yang megah buatan bangsa Romawi lainnya.

    





Posting Komentar

0 Komentar