Ticker

6/recent/ticker-posts

Simak! Inilah beberapa penemuan yang mengubah perjalanan hidup manusia

pic by infographic.com


     Hello Jagadians!! kita semua tau kalau manusia adalah salah satu makhluk tercerdas yang ada di bumi ini. Dengan penemuan-penemuan penting tersebut, manusia dapat mengubah jalan hidup mereka dan membantu mereka dalam melakukan sesuatu.maka dari itu, berikut beberapa penemuan yang sangat membantu mengubah perjalanan hidup manusia.


1. Roda

pic  : https://www.livescience.com/18808-invention-wheel.html

    Yep, kamu tidak salah baca, penemuan sepele seperti inilah yang membuat peradaban manusia selangkah lebih maju dan dapat membawa barang lebih cepat dibanding dengan membawanya tampa roda. Menjadikannya sebagai penemuan terpenting yang memiliki efisiensi yang tinggi.Roda mulai digunakan pada masa 3.500 SM pada masa perunggu di sekitaran Mesopotamia (lokasi modern yaitu Iraq,Kuwait,Syria) dibuat dengan cara memotong batang kayu yang besar lalu dibentuk kasar menjadi berbentuk bulat.

2. Paku

    Lagi lagi, benda yang kita anggap sepele adalah salah satu penemuan yang paling mengesankan bagi manusia.Sebelum ditemukannya paku, bangunan manusia jaman dahulu adalah dengan cara memasangkan satu bagian ke bagian lainnya.Cara konsepnya ini mirip dengan memasang puzzle.Namun, teknik penggunaan paku dikembangkan secara luas oleh masyarakat Romawi Kuno dengan menggunakan logam yang dibentuk dan dapat dipasang dimanapun.


3. Compass

    Penemuan kompas sangat berpengaruh untuk manusia dalam hal navigasi.Sebelum mengenal penggunaan kompas, manusia hanya mengandalkan arah rasi bintang yang menyulitkan jika terjadi kabut atau jika rasi bintang tersebut tidak terlihat.Dengan adanya kompas, memungkinkan manusia melakukan perjalanan tanpa takut tersesat akan arah.


4. Uang Kertas

    Sebelum manusia mengenal mata uang, manusia melalukan transaksi berdagang dengan menggunakan teknik barter.Yaitu teknik menukar satu barang dengan barang lainnya yang memiliki nilai yang setara.Setelah itu,muncullah uang koin seperti emas, perak dan semacamnya, yang membuat hidup manusia lebih mudah dalam melakukan transaksi.

    Setelah abad 16, orang Eropa sudah menggunakan uang kertas yang lebih mudah dan efisien dibandingkan membawa sekantong emas ataupun perak yang bernilai sama.Itulah kenapa uang kertas masih populer sampe sekarang.


5. Mesin Cetak

    Berterima kasihlah kepada Johanes Gutenberg yang berhasil menemukan mesin cetak ini pada tahun 1440 an. Dengan ditemukannya mesin cetak ini, membuat manusia lebih cepat dalam meproduksi suatu lembaran atau buku dalam jumlah besar dan waktu yang singkat (efisien).Penyebaran literasi antar manusia pun menjadi lebih cepat persebaranya dengan menggunakan mesin ini pada masa itu dan berdampak bahkan sampai sekarang.









Posting Komentar

0 Komentar