Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini dia! 5 Bangunan peninggalan Kekhalifahan Islam di Spanyol di abad pertengahan

 


    Hello Jagadians! Kali ini kita akan membahas beberapa bangunan peninggalan kekhalifahan Islam yang ada di Spanyol.Bagi yang belum tau, peradaban Islam pernah berdiri di Spanyol mulai dari penaklukannya pada tahun 718, sampai dengan berakhirnya kekuasaan terakhir yaitu Emir Cordoba pada tahun 1492 akibat proses Reconquista (Penaklukkan kembali) yang dilakukan Ratu Isabella I dari Castille (yang saat itu bersatu dengan tetangganya yaitu kerajaan Aragon dengan cara pernikahan antar pemilik tahta kedua kerajaan).Nah, kira-kira bangunan apa saja yang masih berdiri? mari kita simak tulisan dibawah ini.


1. Menara Giralda

    Ini adalah menara yang diperuntukkan sebagai menara Mesjid agung yang ada di Sevilla pada masa itu.Dibangun oleh arsitek bernama Ahmad Ibnu Baso pada tahun 1184.Pembangunan ini memakan waktu yang lumayan lama dan selesai pada tahun 1198.Namun setelah terjadinya Penaklukkan kembali oleh kaum Katolik Spanyol melalui Reconquista, maka telah beralih fungsi menjadi menara lonceng katedral sampai dengan sekarang.Bangunan yang indah ini terletak di tengah kota Sevilla.

2. Torre Del Oro

    yang kedua adalah Torre Del Oro, atau jika di translasikan menjadi "Tower Emas".Menara ini awalnya difungsikan sebagai menara militer yang bertujuan untuk mengontrol akses sungai Guadalquivir.Lalu, pada abad ke-13, menara ini beralih fungsi lagi menjadi penjara.Nama Tower emas sendiri berasal dari campuran yang digunakan sebagai material bangunan tersebut, menjadikannya berwarna emas jika terkena pantulan cahaya matahari.



3. Istana Aljaferia

    Ini adalah benteng sekaligus istana yang terletak di Zaragoza, Spanyol.Dibangun oleh Bani Hud (dinasti yang berkuasa di Zaragoza sejak 1039 sampai 1110) di era Abu Jaffar Al-Muqtadir.Didalamnya juga terdapat mesjid privat untuk Emir atau penguasa didalamnya dapat beribadah.Istana sekaligus benteng ini memiliki aristektur campuran antara budaya Spanyol dengan muslim setempat (Hispano-Muslim Architecture).




4. Alcazar De Sevilla
    
    Ini adalah istana yang sampai saat ini masih digunakan dan salah satu yang tertua di Eropa.Istana ini dibangun oleh Abd Al-Raman III.Istana ini memperlihatkan perpaduan budaya dan arsitektur Gothic, Romawi, dan juga arsitektur Islam pada masa itu.




5. Alhambra

    Alhambra Adalah salah satu benteng sekaligus Istana yang terletak di Granada, Spanyol. Alhambra sendiri memiliki arti yaitu "Benteng Merah" ini dibangun pada abad ke-10.Awalnya dibangun bertujuan sebagai pertahanan militer, namun Alhambra menjadi sekaligus tempat tinggal penguasa yang ada pada masa itu. Pembangunan pertama dibangun oleh raja Muhammad Ibnu Yusuf Ben Nasr, atau yang dikenal dengan nama Alhamar.Letaknya yang berupa di ketinggian dan diantara tebing, menjadikannya sebagai salah satu Istana terindah yang ada di Eropa.Bagian-bagian terindah yang ada didalamnya berupa Taman Generalife, Court of Lion dengan air mancurnya yang indah, dan aula yang dipercantik dengan ornamen munarqas (ornamen yang berbentuk menyerupai sarang lebah).Apakah pembaca tertarik untuk kesana setelah mendengar keindahan dari Alhambra ini?














Posting Komentar

0 Komentar