Ticker

6/recent/ticker-posts

Ma-Sya Allah! Inilah keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jum'at

https://bincangsyariah.com/

Didalam Al-Qur’an terdapat banyak sekali keutamaan, apalagi saat kita membacanya banyak sekali keutaamaan dan manfaatnya. Dan setiap surat yang terdapat didalamnya ada banyak sekali kebaikan yang ada didalam tiap-tiap surat tersebut. Salah satunya yang akan kita bahas adalah surat Al-Kahfi, yang merupakan surat ke-18 dari Al-Qur’an.

Surah Al-Kahfi merupakan surat Makkiyah, yang mana diturunkan oleh Allah melalui malaikat Jibril di Kota Mekkah. Surat Al-Kahfi juga adalah surat penengah antara Juz 15 dengan Juz 16.

Namun banyak dari masyarakat lebih mengenal membaca surat Yaasin pada saat malam Jum’at ataupun pada hari Jum’at itu sendiri. Padahal surat Al-Kahfi lah yang lebih diutamakan bahkan juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Walaupun surah ini bisa di baca hari apa saja, namun hari Jum;at adalah hari yang baik bagi umat Islam. Sehingga ketika dibarengi dengan pembacaan surat yang special, maka akan banyak keutamaanya juga.

Isi kandungan Surat Al-Kahfi adalah menceritakan tentang para pemuda yang menghuni sebuah goa, bisa disebut juga Ashabul Kahfi. Maka dari itulah mengapa  kata Ashaabul Kahfi sering disematkan dalam kutipan ayat-ayatnya. Surat Al-Kahfi teridiri dari 110 ayat, yang didalam nya bukan hanya menceritakan tentang pemuda didalam gua saja.

Setelah mengetahui perihal surat Al Kahfi, beserta kisah-kisah yang ada di dalamnya. Maka, penting juga untuk mengetahui berbagai macam keutamaan yang dihadirkan ketika Anda membaca surat tersebut.

Berikut ini akan dibahas beberapa keutamaan-keutamaan yang bisa Anda dapatkan ketika membaca surat Al Kahfi. Khususnya ketika dibaca pada malam Jum’at dan hari Jum’at. Lantas, keistimewaan apa sajakah yang bisa kita dapat?

Akan Disinari Cahaya oleh Allah

Keutamaan yang pertama membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat adalah ah akan mendapat cahaya dari Allah. Keistimewaan ini sudah jelas terkandung dalam hadits-hadits yang shahih berikut:

Siapa yang membaca surat Al-Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.” (HR Ahmad).

Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi)

Dari kedua hadis di atas bahwa ada keutamaan di balik pembacaan surat Al Kahfi pada hari Jumat di mana akan ada cahaya Allah yang menyinari diri kita ketika membaca surat Al Kahfi itu sendiri.

Juga Cahya ini akan terus menyinari hingga Jumat selanjutnya cahaya yang dimaksud ini merupakan bentuk frase dari keridhaan Allah subhanahu wa ta'ala terhadap hambanya.

Dan tentu saja memperoleh keridhaan Allah adalah keinginan semua hamba-nya. Dengan demikian, semua hal yang dilakukan akan terasa berkah juga memperoleh kemaslahatan bagi dirinya sendiri maupun orang lain yang ada disekitarnya.

Akan Mendapat Ampunan Dosa

Diriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudri ra., dari Ibnu Umar ra., mengatakan bahwa “Rasulullah SAW bersabda, ‘Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua Jum’at.’”.

Pada dasarnya manusia tidak luput dari pada dosa dan kesalahan. Bahkan juga bukan Tidak mungkin bahwa dosa dan pahala yang kita miliki lebih banyak jumlah dosanya. Namun Allah sangat baik memberikan banyak peluang untuk hamba-Nya agar bisa lepas dari pada dosa dosa yang diperbuat.

Dengan membaca surat alkahfi ini. Seperti dalam hadis tersebut dimana Allah akan mengampuni semua dosa umat Islam yang mau membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat.

Walaupun seperti itu, hal ini harus dilakukan dengan tulus dan ikhlas. Dibarengi juga dengan salat taubatan nasuha yang sungguh-sungguh berdoa dan memohon ampun kepada Allah lalu berjanji tidak akan melakukan dosanya kembali di kemudian hari.

Akan Terhindar dari Fitnah Dajjal

Dajjal merupakan makhluk yang yang dikenal cukup banyak oleh umat Islam. Berdasarkan beberapa Hadits dan sumber mengatakan bahwa Dajjal merupakan makhluk yang paling buruk. Makan dia tidak mempunyai kebaikan justru sebaliknya, kejahatan, fitnah dan kemudharatan yang dimiliki oleh dajjal.

Ketika nanti hari kiamat tiba, maka Dajjal akan muncul untuk menyebarkan fitnah di muka bumi. Dan hanya orang-orang yang beriman dan yang diridhoi Allah lah yang akan terbebas dari fitnah dan terhindar dari ajakan Dajjal.

Bahkan jika seseorang masuk ke dalam perangkap fitnah Dajjal, maka akan membuatnya menjadi orang yang durhaka terhadap Allah serta menjadikannya masuk neraka jahanam.

Walaupun seperti itu, inilah manfaat dan keutamaan dari pembacaan surat Al Kahfi di hari Jumat. Yang mana, dengan membacanya bisa menghindarkan kita dari semua fitnah Dajjal. Hal tersebut tertuang dalam hadis berikut:

Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak bisa memudharatkannya.” (HR Dailami).

Akan Terhindar dari Gangguan Setan

Setan memang diturunkan ke bumi untuk menggoda manusia di muka bumi. Supaya terhindar dari godaan setan kita perlu mewaspadainya. Banyak sekali godaan-godaan setan seperti yang kita ketahui. Hal ini dapat merugikan diri kita sendiri dan dapat berdampak buruk juga untuk orang lain.

Ini lah keutamaan yang akan didapat ketika membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at, bisa menghindarkan diri dari gangguan setan.

Keutamaan lain ketika Anda membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at adalah bisa menghindarkan diri dari gangguan setan. Tentunya surat ini bisa membuat kita banyak merenung agar tidak tergilincir dan malah menjadi pengikut setan ini.

Banyak sekali riwayat yang disebutkan, salah satunya seperti yang diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdullah bin Mughaffal, yang jika dirangkummengatakan bahwa rumah yang sering dibacakan surat Al-Kahfi maupun surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki setan hingga sepanjang malam itu.



Dapat ilmu baru kan, yuk kita sharing ilmu dikolom komentar.

Posting Komentar

0 Komentar