Ticker

6/recent/ticker-posts

Wow! Ternyata restoran cepat saji sudah ada sejak jaman Romawi Kuno!

 




    Hello Jagadians! Kali ini kita akan membahas tentang dunia restoran cepat saji nih.Ternyata, konsep restoran cepat saji semacam modern yang sering kita beli sudah ada sejak 2.000 tahun yang lalu loh! Restoran cepat saji ini atau disebut dengan Thermopolium ini juga menyediakan berbagai macam makanan.

    Pada tahun 2019, para arkeologi menemukan sebuah restoran cepat saji di sudut reruntuhan kota Pompeii yang terkenal itu. Menurut Massimo Osanna, dari kepala Pusat Taman Arkeologi Pompeii, ini adalah penemuan yang "membantu pemahaman tentang bagaimana gaya hidup masyarakat Pompeii pada masa itu".Arkeologi juga menemukan adanya tumpukan tulang belulang seperti tulang ikan, ayam, babi, bebek, dan kambing. Ini menandakan bahwa di restoran cepat saji dimasa itu memiliki menu yang sangat beragam.



    
    
    Sejarawan juga menduga menu pada masa itu berupa ikan asap, wine (bahkan saat penemuannya, salah satu "tong" tempat penyimpanannya masih berbau wine), sayur-sayuran (semacam salad), dan olahan daging lainnya.Restoran cepat saji ini biasanya populer di kalangan Plebeian (orang biasa) atau orang yang tidak mampu dan tidak memiliki dapur sendiri, maka mereka akan membeli makanan di restoran cepat saji ini.

    Tata letak restoran ini juga cukup strategis.Thermopoli ini terletak di alun-alun kota Pompeii, yang diseberangnya ada sebuah air mancur kota, dan juga tidak jauh dari letak tempat Gladiator berlatih memungkinkan restoran ini memiliki banyak pembeli pada masanya.Restoran ini juga menyediakan opsi layanan "makan disini atau dibawa pulang".Benar-benar mirip seperti restoran cepat saji modern, bukan?

    

(keterangan : semua hasil foto diatas adalah hasil milik Archeological Park of Pompeii)

Posting Komentar

0 Komentar