Ticker

6/recent/ticker-posts

Inilah Adab Menuntut Ilmu Dalam Kitab Ta'lim Al-Muta'alim

(https://mediaindonesia.com/weekend/343200/minat-baca-naik-buku-sastra-paling-favorit)

JagadMedia - Sebagai seorang muslim, terpelajar tentunya kita wajib menuntut ilmu atau Thalab al-‘ilmi. Dalam menuntut ilmu tentunya memiliki adab dan etika yang harus kita ikuti, mengenai hal ini Syaikh Az-Zarnuji di dalam kitabnya tersebut menuliskan sebuah syair dari Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu., dua bait syair yang artinya: 

“Ingatlah! Engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan memenuhi enam syarat. Saya akan beritahukan keseluruhannya secara rinci. Yaitu: Kecerdasan,  kemauan,  sabar,  biaya, bimbingan guru dan waktu yang lama.”

Menuntut ilmu dalam kitab Ta’lim Al-Muta’alim oleh Syaikh Az-Zarnuji, Khususnya dalam ilmu agama setidaknya mencakup hal-hal berikut:


Kecerdasan 

Kecerdasan dalam menuntut ilmu memiliki 2 kategori yaitu, pertama kecerdasan yang diberikan oleh Allah kepada kita. Contohnya, memiliki hafalan yang kuat. Kedua kecerdasan dari usaha yang kita lakukan. Contohnya, mencatat materi dan mengulang materi yang dipelajari terus-menerus.


Bersungguh – sungguh

Barang siapa orang yang bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Maka ia akan menndapatkan kesuksesan dalam hidupnya. Kesungguhan merupakan modal dalam menuntut ilmu untuk menguasai apa yang sedang kita pelajari.


Kesabaran

Dalam menuntut ilmu dibutuhkan kesabaran, sabar dalam belajar yang artinya sabar dalam diuji, sabar akan apa yang kita pelajari, dan sabar dalam menjalani hukum sekalipun jika ada. Seperti Allah menguji kita ketika menuntut ilmu dalam kesungguhannya, apabila kita lolos maka Allah akan meningkatkan tingkatan kita dari sebelumnya.


Biaya

Dalam menuntut ilmu tentu butuh biaya (bekal), tidak mungkin menuntut ilmu tanpa biaya (bekal). Seperti ingin melanjutkan pendidikan kejenjang perguruan tinggi,kita harus membayar biaya untuk bisa terdaftar di perguruan tinggi yang kita inginkan. Karena ilmu itu mahal dan ilmu akan selalu dibawa hingga akhir hayat kita. 


Bimbingan Guru

Peran guru merupakan hal yang sangat penting dalam proses menuntut ilmu, guru bisa kita jadikan tempat bertanya dan memberikan arahan apa yang sedang kita lakukan. Dikarenakan begitu pentingnya bimbingan guru, maka kita haruslah menghormati dan memuliakan guru. Hal ini semata-mata untuk mendapatkan ridha guru yang pada akhirnya akan mengantarkan kita kepada Allah.


Waktu yang lama

Dalam menuntut ilmu merupakan proses yang sangat lama dan Panjang sehingga kita membutuhkan waktu yang lama dalam mempelajari sesuatu, karena tidak ada yang namanya instant dan cepat dalam proses menuntut ilmu 

Imam Al-Baihaqi berkata:”Ilmu tidak akan mungkin didapatkan kecuali dengan kita meluangkan waktu”.

Imam Al-Qadhi ditanya: “Sampai kapan seseorang harus menuntut ilmu?” Beliau menjawab: ”Sampai ia meninggal dan ikut tertuang tempat tintanya ke liang kubur.”

Nah bagaimana sudah mengerti pentingnya adab dalam menuntut ilmu ? Jangan lupa berikan komentar dibawah ya!



Posting Komentar

0 Komentar