Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini dia! Program Pembangunan Berkelanjutan PBB Untuk Dunia

 


PBB atau kepanjangan dari (Perserikatan Bangsa - Bangsa) adalah organisasi internasional yang didirikan pada tanggal 24 Oktober 1945 untuk mendorong kerjasama internasional. Badan ini didirikan setelah perang dunia ke II untuk mencegah terjadinya konflik serupa. Dalam tujuannya untuk menjaga perdamaian dunia , PBB membahas pembangunan berkelanjutan pada Juni 2012 yang disebut (Sustainable Development Goals) atau yang disingkat SDGs. SDGs merupakan seperangkat tujuan, sasaran, dan indikator pembangunan yang berkelanjutan yang bersifat universal.

SDGs merupakan perluasan dari (Millennium Development Goals) MDGs yang telah dilakukan oleh negara-negara sejak 2001 hingga akhir 2015. Negara kita yaitu Negara Indonesia pun turut serta bersama 192 negara lainnya dalam pembangunan berkelanjutan ini.

Sebagai program lanjutan, SDGs memiliki goals atau tujuan yang lebih banyak lagi dan lebih rinci dibanding sebelumnya. Jika MDGs hanya mencantumkan 8 goals saja, SDGs ini sekarang memiliki 17 tujuan atau goals yang harus dicapai.

Tujuan-tujuannya antara lain yaitu tanpa kemiskinan; tanpa kelaparan; kehidupan sehat dan sejahteraan; pendidikan berkualitas; kesetaraan gender; air bersih dan sanitasi layak; energi bersih dan terjangkau; perkerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi; industri, inovasi dan infrastruktur; berkurangnya kesenjangan; kota dan permukiman yang berkelanjutan; komsumsi dan produksi yang bertanggung jawab; penanganan perubahan iklim; ekosistem lautan; ekosistem daratan; perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh; kemitraan untuk mencapai tujuan.

Dari pemaparan singkat diatas, penting bagi kita selaku warga negara Indonesia untuk ikut serta dalam mewujudkan tujuan PBB yang dapat mewujudkan perdamaian dan kesejahteraan dunia

Posting Komentar

0 Komentar