Ticker

6/recent/ticker-posts

Penasaran? Ini Dia Kabar Pencapaian SDGs di Indonesia!

Sejak 2015 lalu, PBB telah meluncurkan suatu program bernama SDGs atau Sustainable Development Goals. SDGs sendiri adalah adalah kesepakatan pembangunan baru yang mendorong perubahan-perubahan ke arah pembangunan berkelanjutan yang meliputi 17 tujuan dan 193 negara. Tujuan-tujuan tersebut diharapkan dapat tercapai pada tahun 2030 nanti. Sebagai salah satu negara PBB, Indonesia pun ikut mengambil peran dalam pelaksanaan program ini.


Dilihat dari peringkat SDGs tahun 2021, Indonesia berhasil menduduki peringkat 97 dari 165 negara dengan skor 66,34. Angka ini meningkat setelah Indonesia mendapatkan skor 65,3 pada tahun 2020 lalu. Walaupun naik, hal ini tidak dapat menutup fakta bahwa pencapaian SDGs saat ini terhambat dengan adanya pandemi virus Covid-19. Tidak hanya Indonesia, negara-negara lainnya pun terkena dampaknya.


Dari ketujuh belas tujuan SDGs, ada beberapa tujuan yang dikhawatirkan saat ini. Di antaranya adalah tujuan pertama yaitu kemiskinan, tujuan kedua yaitu kelaparan, tujuan ketiga yaitu kesehatan dan kesejahteraan, tujuan keempat yaitu pendidikan, tujuan kelima yaitu kesetaraan gender, dan juga tujuan kesepuluh yaitu kesenjangan. Untuk mengatasi hal tersebut, Presiden Joko Widodo mengungkapkan empat solusi. Di antaranya adalah memulihkan dunia dari pandemi, meningkatkan bantuan pada masyarakat yang terdampak pandemi, roda ekonomi harus bergerak bersamaan dengan aspek kesehatan, dan yang terakhir adalah memperkuat kemitraan global.


Walaupun proses ketercapaian tujuan SDGs ini terganggu pandemi, pemerintah Indonesia tetap melakukan berbagai usaha agar tujuan-tujuan tersebut dapat tercapai. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya melalui berbagai kebijakan, serta melakukan pengawasan dalam pelaksanaannya. 


Kalau menurutmu, tujuan SDGs mana nih yang sangat perlu untuk dicapai oleh Indonesia?

Posting Komentar

0 Komentar