Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia ! 4 Tips Berhemat Dengan Meminimalisir Pengeluaran Uang

 


JagadMedia - Halo Sobat Jagad ! Sebagai seorang yang sudah mengenal uang tentunya kita memahami betapa pentingnya mengelola keuangan yang kita miliki. Pentingnya memahami perencanaan keuangan adalah untuk mengurangi dampak dari terpuruknya kondisi keuangan karena uang yang terus menguap untuk hal - hal yang tidak diperlukan. Maka dari itu, aku bakal bagiin tips berhemat untuk meminimalisir pengeluaran uang

 

1. Mengumpulkan Niat dan Motivasi Berhemat

Kunci utama dari berhemat adalah dengan mengumpulkan niat dan motivasi matang - matang. Tanpa niat, kalian mungkin akan tetap menunda - nunda dalam mengatur keuangan yang kalian miliki sehingga berujung boros. Pikirkanlah motivasi realistis  yang membuat niat kalian bulat untuk berhemat ( seperti : bulan ini aku mau memperbaiki laptop, aku harus menabung dan berhemat )

 

2. Membuat Anggaran

Buatlah anggaran atau rincian pengeluaran uang setiap bulannya, agar pengeluaran lebih terorganisir dan tidak keluar begitu saja untuk hal - hal yang tidak penting. Jangan sekali - kali bandel untuk menggunakan uang diluar anggaran yang sudah ditetapkan, kalau seperti itu maka akan menjadi kebiasaan.

 

3. Mencatat Setiap Pengeluaran

Setelah membuat anggaran, catat kembali pengeluaran uang digunakan untuk apa - apa nya. Mencatat tidak hanya dibuku saja, di gadget atau aplikasi - aplikasi keluar masuknya uang dapat membantu memudahkan kalian mencatat sekaligus menghitung pengeluaran kalian.

 

4. Membeli Sesuai Kebutuhan

Jangan mengeluarkan uang untuk membeli keinginan, tetapi keluarkan uang untuk membeli kebutuhan. Catat apa saja kebutuhan yang kalian benar - benar perlukan selama sebulan penuh. Utamakan kebutuhan seperti biaya makan, transportasi, listrik, pulsa dan kebutuhan primer lainnya.


Posting Komentar

0 Komentar