Ticker

6/recent/ticker-posts

Harus Dicoba ! Makanan Khas Kalimantan Barat


JagadMedia - Hallo Sobat Jagadians! Sebagai pulau terbesar di Indonesia Kalimantan Barat juga di kenal dengan kota yang tepat dilalui oleh garis khatulistiwa tepatnya diatas kota pontianak jadi ga heran kalau daerah ini memiliki suhu udara yang cukup tinggi.  Kalau denger pulau kalimantan pasti kalian langsung teringat dengan suku Dayak, Tak hanya itu pesona hutan serta keragaman flora dan fauna membuat pulau ini menjadi salah satu destinasi wisata lokal terbaik di Indonesia. Rasanya tidak lengakap kalau berwisata tidak mencicipi kuliner disana, makanan khas kalimantan memiliki citarasa yang pastinya membuat ketagihan, berikut makan kalimantan yang wajib kalian coba


            1. Mie Sagu


(http://sitimustiani.com/wp-content/uploads/2019/10/mie-sagu-pontianak-1170x780.jpg)

 

Mie sagu merupakan mie khas Pontianak ini berbahan mie yang terbuat dari tepung sagu yang diolah dari batang pohon sagu, Mie ini memiliki tekstur yang kenyal namun lembut ketika dimakan,bentuk mie biasanya pipih lebar dan berwarna bening seperti bihun. Penyajiannya dapat dikombinasikan dengan bahan lainnya seperti telur,sosis,bakso dan lainnya, Mie ini enak banget di santap saat cuaca dingin.


            2. Mie Kepiting


(https://i.pinimg.com/originals/1d/74/56/1d7456ff254e763f4ee8dfb64e5cffb6.jpg)

 

Makanan khas kalimantan bakmi dengan kepiting salah satu sajian yang terbaik dari Kalimantan Barat. Bakmi ini memiliki tekstue mie yang kenyal dan lentur berbahan dasar dari tepung terigu dan tepung tapioka, Bakmi kalimantan ini di sajikan dengan potongan daging kepiting,pangsit, bakso ikan, daging,udang serta kecambah. Siapa sih yang ga ngiler bayanginnya aja udah enak banget, kalau kalian nanti ke Pontianak kalian harus coba mie kepiting.


            3. Bubur Pedas


(https://t-2.tstatic.net/tribunnewswiki/foto/bank/images/bubur-pedas.jpg)

 

Bubur Pedas masakan khas Kalimantan Barat yang berbeda denga bubur yang sering kita temui, akan tetapi bubur ini tidak sesuai dengan namanya Bubur Pedas yang tidak memiliki rasa pedas sama sekali. Bubur Pedas berisi banyak sayur-sayuran di dalamnya, disantap sebagai sarapan dan disajikan dengan ikan teri serta jeruk nipis.


            4. Pengkang


(https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/700x465/photo/2019/05/28/293466146.jpg)

 

Pengkang  makanan makanan khas Kalimantan Barat yang di buat berbahan dasar beras ketan berisi udang hebi, makan sejenis lemper tetapi berbentuk segitiga dan di bungkus dengan daun pisang lalu dijepit dengan bambu. Pengkang biasanya dimakan bersama saus kerang yang mempunyai cita rasa pedas.


            5. Chai Kwe


(https://blog.tokowahab.com/wp-content/uploads/2019/09/Chai-Kue.jpg)

 

Chai kwe atau Choi pan adalah makanan khas kalimantan yang cukup terkenal dan menjadi sangat populer, Chai Kwe ini berisi talas, bengkoang, hebi dan kucai yang di iris, lalu yang di bentuknya mirip dengan gyoza. Sementara kulitnya terbuat dari tepung beras dan tepung sagu sehingga memiliki tekstur yang licin dan kenyal.


            6. Kerupuk Basah

            

(https://ksmtour.com/media/images/articles14/kerupuk-basah-khas-kapuas-hulu.jpg)

 

Kerupuk basah cemilan yang terbuat dari ikan khusu yaitu belidak yang yang hanya ditemui di sungai Kalimantan Barat ini memiliki rasa yang gurih. Tidak seperti kerupuk kebanyakan yang di goreng garing justru kerupuk ini memiliki tektur kenyal dan memiliki rasa  gurih dan disajikan dengan sambah pedas.


            7. Bingke

(https://sitimustiani.com/wp-content/uploads/2020/10/bingke-berendam-1170x780.jpg)

 

Salah satu makanan pencuci mulut kue khas yang biasanya di jadikan oleh-oleh khas Pontianak ini terbuat dari campuran telur, santan, dan terigu. Dan memiliki varian rasa yang lain seperti durian, kacang hijau, cokelat, dan masih banyak lagi.

 

Nah, jagadians itu dia makanan khas Kalimantan Barat yang bisa kamu jadiin referensi kalau kamu ke Kalimantan khusunya kota Pontianak. Mana makanan yang paling kamu mau coba? Komen di bawah ya.


Posting Komentar

0 Komentar