Ticker

6/recent/ticker-posts

 

JagadMedia - Hallo Sobat Jagadians! Bangka Belitung adalah sebuah provinsi di Indonesia, Pulau Bangka Belitung terletak di bagian timur pulau Sumatra. Bangka Belitung juga dikenal sebagai daerah penghasil timah, Tak hanya itu Bangka Belitung juga terkenal dengan keindahan pantai dan lautnya aja,tetepi makanan dan minuman yang memiliki keunikan dan cita rasa tersendiri. Di Bangka Belitung di dominasi dengan berbahan dasar seafood yang di olah dengan cita rasa Melayu juga Tionghoa. Berikut makanan kalimantan yang wajib kalian coba kalau sedang berkunjung ke pulau Bangka Belitung.


            1. Lempah Kuning


(https://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/lempah-kuning-bangka_20151211_140806.jpg)

 

Lempah Kuning merupakan makanan serupa seperti sup dengan kuah yang berwarna kuning, Lempah Kuning biasanya berisi ikan kakap merah atau ikan tenggiri yang dilengkapi dengan rempah-rempah seperti bawang merah,bawang putih, kunyit, cabai merah, lengkuas, juga belacan. Untuk membuat lebih segar lagi lempah kuning juga bisa ditambahkan potongan nanas.


            2. Mie Bangka


(https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/104x47:1070x692/x/photo/2021/02/16/4175146318.jpg)

 

Mie adalah makanan yang paling banyak digemari,dan olahan mie Bangka tidak boleh kelewatan untuk di cicipi. Mie Bangka memiliki tekstur mie yang lebih kenyal dan disajikan dengan tauge sebagai toppingnya, dilengkapi juga dengan pangsit,ayam,bakso serta makanan laut lainnya.


            3. Mie Koba


(https://indonesiakaya.com/wp-content/uploads/2020/10/mie_koba_1200.jpg)

 

Mie Koba adalah jenis olahan mie kuah yang terbuat dari ikan tenggiri memiliki rasa yang gurih dan dilengkapi oleh telur, tauge, seledri, dan bawang goreng. Dan akan bertambah nikmat jika ditambah dengan perasan jeruk kunci yang akan memberikan rasa dan aroma yang khas pada Mie Koba.


            4. Pantiaw


(https://cdn-2.tstatic.net/travel/foto/bank/images/pantiaw_20170727_152154.jpg)

 

Pantiaw merupakan makanan Bangka Belitung yang di sajikan dengan bumbu yang terbuat dari ikan pilihan yang digiling sebagai topping,lalu disiram dengan rebusan kuah dari olahan ikan.  Selain di sajikan dengan topping dan kuah ikan biasanya di lengkapi dengan bawang goreng, daging dan seledri. Ada dua jenis pantiaw yaitu Pantiaw dari tepung Gandum dan tepung beras.


            5. Berego


(https://cdn-2.tstatic.net/travel/foto/bank/images/berego.jpg)

 

Berego yang memiliki bentuk yang terlihat mirip sama dengan lontong sayur ternyata berbeda bahan dasar pembuatnya Berego terbuat dari tepung beras yang di campur dengan tepung sagu lalu di kukus. Berego memiliki tekstur yang kenyal, kemudian di santap bersama kuah kari ikan.


            6. Lakso


(https://img-global.cpcdn.com/recipes/0dc94ee0517ec672/680x482cq70/lakso-bangka-foto-resep-utama.jpg)

 

Lakso adalah makanan khas Bangka Belitung yang terbuat dari tepung beras yang dicacmpurkan dengan tepung sagu,dan dihidangkan dengan kuah ikan dan santan kuning yang rasanya menjadi gurih,lalu di tambahkan dengan campuran tauge, potongan daun bawang, dan perasan jeruk kunci.


            7. Sup Gangan


(https://indonesiakaya.com/wp-content/uploads/2020/10/gangan_1200.jpg)

 

Sup Gangan adalah sup yang terbuat dari ikan tenggiri yang diolah dengan cabai, bawang, lengkuas, dan kunyit. Sup ini memiliki rasa yang sedikit asam dan gurih dapat juga ditambahkan dengan irisan nanas agar menjadi lebih segar.

 

Itulah makanan khas Bangka Belitung yang bisa di coba kalau para jagadians pergi ke Bangka Belitung. Mana yang paling kamu mau coba? Komen di bawah ya.

 















Posting Komentar

0 Komentar