Ticker

6/recent/ticker-posts

8 Jajanan Bertabur Kelapa Parut Harus di Coba!


JagadMedia - Hallo Sobat Jagadians! Indonesia memiliki banyak keanekaragaman budaya serta panorama yang mempesona. Selain itu memiliki beragam kuline yang pasti membuat ketagihan. Indonesia sendiri memiliki banyak jajanan tradisional yang unik dan di beri pelengkap taburan kelapa parut juga. Memadukan tekstur kenyal, rasa manis, gurih ataupun isian yang akan menggugah selera. Ini dia beberapa jajanan tradisional khas Indonesia yang diberikan kelapa parut, Yuk simak apa aja.


            1. Pisang Rai


 

Pisang Rai adalah jajanan tradisional khas Bali, mirip dengan pisang ijo khas Makassar namun bedanya pisang rai hanya di sajikan tanpa kuah. Pisang rai di sajikan bersama dengan saus gula merah serta parutan kelapa parut yang akan memberikan rasa manis dan gurih, memiliki tekstur kenyal.


            2. Gatot


(https://www.duniasantri.co/wp-content/uploads/2020/09/gatot.jpg)

 

Gatot jajanan tradisional khas Gunung Kidul yang terbuat dari gaplek, Gaplek adalah singkong kering yang digunakan untuk membuat tiwul. Penyajian gatot biasanya disandingkan dengan tiwul. Umumnya tiwul kedua jajanan itu dicampur lalu di beri parutan kelapa di atasnya.

            3. Cenil


(https://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/x/photo/2020/01/28/2859603683.jpg)

 

Cenil adalah jajanan tradisional khas Jawa yang terbuat daru tepung kanji yang di beri pewarna lalu di rebus hingga matang lalu di balut dengan parutan kelapa. Memiliki bentuk kecil memanjang, biasanya cenil di sajikan di atas daun pisang dan diberi saus gula merah. Memiliki rasa manis legit dan gurih dipadukan denga tekstur yang kenyal.


            4. Putu Ayu


(https://www.generasimaju.co.id/articles/Resep/putuayu.jpg)

 

Pasti tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini Putu Ayu, cara memasak kue pputu ayu dengan cara dikukus memiliki bentuk yang unik serta memiliki ciri khas yaitu taburan kelapa di atasnya. Tentu saja memiliki rasa manis gurih dan memiliki tekstur lembut.


            5. Lupis


(https://s2.bukalapak.com/uploads/content_attachments/21952/original/Lupis_Ketan_1.jpg)

 

Kue Lupis jajanan pasar yang terbuat dari beras ketan yang berbentuk segitiga dan disajikan dengan gula merah serta taburan kelapa parut diatasnya identik dengan cemilan yang memiliki rasa manis gurih dan tekstur yang kenyal.


            6. Klepon


(https://mmc.tirto.id/image/otf/1024x535/2020/07/21/istock-1145447456-copy_ratio-16x9.jpg)

 

Klepon salah satu jajan pasar yang hits sampai sekarang bahkan bisa di jadikan kue. Memiliki bentuk bulat berwarna kehijauan berisi lelehan gula merah didalamnya. Membuat klepon akan terasa lumer di mulut ada rasa manis gurihnya berkat taburan parutan kelapa.


            7. Getuk


(https://img-global.cpcdn.com/recipes/21c517f049c04659/1200x630cq70/photo.jpg)

 

Getuk merupakan jajanan yang mudah di temukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Getuk terbuat dari singkong kukus yang di tumbuk hingga halus lalu di bentuk sesuai keinginan. Biasanya Getuk di sajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Memiliki tekstur yang lembut dengan di padukan rasa manis serta gurih dari kelapa parut menambah kenikmatan getuk.


            8. Jaje Laklak


(https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/0d/0c/22/cc/brakfast-lak-lak.jpg)

 

Jaje Laklak jajanan tradisional khas Bali ini mirip dengan serabi namun memiliki perbedaan bahan dan topping diatasnya. Jaje laklak terbuat dari campuran tepung beras, air, dan daun suji sebagai pewarna alami. Biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut yang gurih dan tidak lupa di tambahkan saus dari gula merah.

 

Nah, jagadians itu dia jajanan Indonesia yang bertabur kelapa parut. Enak semuanya loh! Kira-kira mana jajanan yang udah kamu coba? Komen di bawah ya.

 




















 

Posting Komentar

0 Komentar