Ticker

6/recent/ticker-posts

Keutamaan Puasa Sunnah Tarwiyah Dan Arafah

(https://www.hariankartini.com/2020/07/doa-niat-puasa-sunah-bulan-dzulhijjah.html)

 JagadMedia - Idul adha adalah momen dimana semua umat islam merayakan hari ibadah besar bagi agama muslim, idul adha sendiri bisa di jadikan momen kebersamaan dan berbagi kapada sesame umat muslim di sekitar kita. Pada saat idul adha hal yang paling di tunggu adalah aktifitas berqurban, dimana semua umat muslim yang mampu, tapi sebelum memasuki bulan 10 dzulhijjah umat muslim biasa melakukan yang Namanya puasa sunnah idul adha, dari tanggal 1 dzulhijjah hingga 9 dzulhijjah namun kebanyakan orang melakukan puasa sunnah idul adha pada tanggal 8 dan 9 duzhijjah saja yang dinamakan puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah. Puasa ini tidak memiliki aturan khusus dalam mengerjakan puasa sunnah idul adha atau puasa Tarwiyah dan Arafah. 

1. Puasa Tarwiyah

Puasa yang jatuh pada tanggal 8 dzulhijjah, awal mula Namanya diambil dari kebiasaan jamaah haji yang berbondong-bondong membawa air zamzam saat melakukan ibadah haji, sehingga bisa di artikan membawa bekal air.

2. Puasa Arafah

Puasa arafah adalah puasa yang dijalankan pada hari arafah yaitu hari kesembilan dari bulan dzulhijjah dan puasa ini dapat menghapuskan dosa satu tahun.

Keutaman yang bisa kita dapatkan dalam melakukan puasa sunnah ini sangatlah istimewa;

1. Amal shalih yang di cintai Allah

2. Dihapuskan segala dosa satu tahun

3. Mendapatkan pahala langsung dari Allah SWT

Di atas merupakan penjelasan tentang puasa sunnah idul adha dan keutamaan yang bisa kita dapatkan semoga kita semua senantiasa selalu diberikan kesehatan untuk bisa melalukan puasa sunnah idul adha aamiin. bagaimana sudah pahamkan ? jangan lupa komen ya!


Posting Komentar

0 Komentar