Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! Hal Dasar Yang Harus Kita Ketahui Dalam Mendesain Sebuah Poster


JagadMedia - Sebelumnya dapat kita ketahui bahwa poster merupakan sebuah media yang dipublikasi dengan menyatukan tulisan dan gambar. Poster sendiri biasanya dibuat dengan tujuan untuk mengajak maupun membujuk masyarakat untuk melakukan sesuatu yang sama seperti yang disampaikan dalam poster tersebut. Maka dari itu, dalam membuat poster tentunya harus menarik dan kita sendiri harus memahami hal dasar dalam mendesain sebuah poster yaitu

 

1. Keseimbangan Simetris & Asimetris

Hal dasar yang dimaksud disini yaitu dengan mengkombinasi suatu bidang seni rupa atau desain grafis sehingga balance dan tidak menimbulkan kesan yang berat sebelah. Ada 2 jenis keseimbangan yang dimaksud yakni keseimbangan simetris yang mana visualnya di bagi secara merata dan biasanya hal ini banyak di gunakan dalam mendesain poster. Yang kedua adalah keseimbangan asimetris yang biasanya akan menitikberatkan pada warna, skala, dan kontras dalam hal menghasilkan desain yang tidak beraturan. Keseimbangan asimetris sendiri mempiliki beberapa tipe antara lain, keseimbangan dari bentuk dan ukuran, tekstur, posisi, dan semua yang di gabung dari komposisi tersebut.

 

2. Alur Baca

Alur baca disini dimaksudkan agar pembaca dapat memahami apa yang desainer tulis, mulai dari mana ke mannya perpindahan bacaan dalam poster. Hal ini dilakukan agar isi dari poster tersempaikan dan pembaca tidak mengalami kebingungan.

 

3. Kesatuan

Hal dasar terakhir adalah kesatuan dari semuanya dimana bagian - bagian dari poster digabung menjadi pola yang menarik. Kesatuan yang dimaksud juga seperti :

  • Perbedaan warna untuk latar belakang
  • Peredaan dari informasi
  • Dibuat menumpuk agar terlihat menarik
  • Pendekatan desain dengan elemen lain

Posting Komentar

0 Komentar