Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! Hal yang Dipersiapkan Sebelum Mengambil Kuliah Jurusan IT

 

Ketahui Langkah Awal Sebelum Mengambil Kuliah Jurusan IT


 

Memasuki zaman industri 4.0 hampir semua hal berkaitan dengan teknologi. Teknologi menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kegiatan manusia. Seiring berjalannya waktu kecanggihan teknologi akan terus berkembang pesat tentunya hal ini membutuhkan lebih banyak lagi ahli teknologi untuk mengelola berbagai sistem.  

sejalan dengan itu, sudah banyak pelajar yang tertarik untuk memasuki bidang IT dalam masa perkuliahan. Mengetahui bahwa hampir semua pekerjaan sudah berkaitan erat dengan bantuan teknologi komputer, tentu semakin banyak pula peluang pekerjaan dalam bidang IT.

Selama menjadi mahasiswa IT banyak persiapan yang dibutuhkan mulai dari niat, logika, skill hingga perangkat apa saja yang akan digunakan dalam menjadi mahasiswa IT. Membuat program tentunya tidak akan semudah yang dibayangkan, semua membutuhkan skill dan perangkat yang mendukung.

Nah, ketahui yuk apa saja hal yang harus dipersiapkan sebelum kamu menjadi mahasiswa IT agar kamu siap lebih awal sehingga lebih bisa menikmati proses selama belajar bahasa pemrograman.

1.      Niat

Memiliki niat merupakan langkah awal dalam segala hal. Dengan adanya niat semua rintangan akan tetap dilalui untuk menjemput kesuksesan. Tidak jarang mahasiswa IT yang merasa salah jurusan karena tidak memiliki niat dan persiapan yang matang. Hal tersebut itu dapat menjadi kesalahan terbesar dalam menjadi mahasiswa.

Oleh karena itu sebelum menajalani suatu perjalanan semua harus diirngi dengan niat dan usaha agar semua proses dapat terlewati.

2.      Laptop/ PC

Jurusan IT sehari-hari nya akan menggunakan perangkat untuk melakukan coding dan tugas informatika lainnya, meskipun kampus sudah menyediakan fasilitas lab, akan lebih baik jika sudah memiliki laptop/ PC sendiri. Dengan begitu semua akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil yang dibutuhkan. Perlu diketahui juga tidak semua tipe perangkat kompatibel untuk menjalankan program, karena perangkat lunak akan terus melakukan pembaruan seiring berjalannya waktu. Tugas yang akan diberikan dosen pun akan berat dan sulit, jadi demi kelancaran dalam belajar dibutuhkan spesifikasi tertentu dalam memilih perangkat. Lalu spesifikasi apa saja yang aman dan tepat digunakan dalam menjadi mahasiswa IT?

Hal penting dalam memilih spesifikasi yaitu fokus dengan processor, RAM ,dan SSD nya. keputusan ini sangat penting untuk kebaikan laptop dan kelancaran projek. Dengan spesifikasi yang memadai, tidak perlu khawatir untuk melakukan projek yang berat. Dengan Processor minimal Core i5 gen 8 keatas, RAM 8 GB, dengan SSD 512GB. 3 hal tersebut sudah cukup memenuhi spesifikasi yang dibutuhkan anak IT, namun semakin tinggi spesifikasi akan semakin bagus performanya. Jadi itu kembali ke apa yang kalian butuh dalam pembelajaran di perkuliahan ya!

3.      Basic pemrograman

Memiliki ilmu dasar sebelum masuk kuliah informatika akan sangat membantu. Karena bahasa pemrograman akan menjadi asupan sehari-hari nantinya. Apalagi jaman sekarang ilmu pengetahuan bisa didapat dengan sangat mudah anda bisa melihat tutorial di yt, membaca e-book, hingga menghadiri pembelajaran online melalui video conference seperti zoom dan google meet. Jika sudah memiliki pengetahuan awal di pemrograman, saat masuk perkuliahan tidak akan terasa mengejutkan dan akan terbiasa dengan bahasa pemrograman. Terlebih lagi jika anda merupakan seorang lulusan SMK yang sudah mempelajari basic pemrograman untuk menggunakan coding dan membuat suatu program.

4.      Skill Bahasa Inggris

Aplikasi perangkat lunak yang biasa digunakan anak IT kebanyakan menggunakan bahasa inggris dalam sistemnya. Karena bahasa inggris merupakan bahasa alternatif yang pasti digunakan oleh hampir seluruh orang didunia dalam berinteraksi. Bahasa inggris merupakan bahasa global, sehingga kebanyakan alat-alat teknologi maupun gadget menggunakan bahasa inggris dalam penggunaannya. Cukup dengan mempelajari basic bahasa inggris, hal tersebut akan membantu kita memahami teknologi secara baik dan benar.

5.      Flashdisk

Flashdisk atau usb merupakan salah satu penyimpanan data yang dapat dihubungkan melalui port usb pada device. Flashdisk akan sangat penting untuk menyimpan dokumen penting. Flashdisk dapat dibawa kemanapun anda pergi, sehingga anda tetap dapat mengerjakan projek. Flashdisk juga dapat digunakan untuk mentransfer file dengan lebih mudah dan cepat.

Posting Komentar

0 Komentar