Ticker

6/recent/ticker-posts

Lezat! Macam-macam Makanan Banjar

 


JagadMedia - Hallo Sobat Jagadians! Kali ini kita akan terbang ke Kalimantan Selatan tepatnya ke Kota Banjarmasin yang sekaligus menjadi ibukota dari provinisi Kalimantan Selatan. Di juluki sebagai Kota Seribu Sungai yang menyimpan kekayaan laut yang sangat banyak, tentunya memiliki kuliner yang beragam dan yang pastinya enak - enak. Bagi kamu yang nantinya berkunjung ke Banjarmasin jangan lupa coba makanan berikut ini.


            1. Nasi Itik Gambut



 

Nasi Itik Gambut merupakan nasi dan itik khas Banjarmasin yang dimasak dengan berbagai bumbu khas dengan pengolahan bumbunya yang tidak sembarangan, sehingga memiliki cita rasa yang pedas dan manis dari bumbu khas yang menyerap ke dalam daging daging itik. Di sajikan dengan bungkusan daun pisang yang menambah aroma sedap makin bertambah.

            2. Cacapan Asam


(https://imgs.oomph.co.id/files/uploads/shareit_contents/2019/12/07/52231/10_20191207103814_cac1.jpg)

 

Cacapan Asam adalah makan khas Banjarmasin yang merupakan cocolan asam memiliki cita rasa yang kaya merupakan hasil perpaduan dari bumbu-bumbu berupa garam, bubuk penyedap rasa, cabai rawit, bawang merah, asam jawa, dan cincangan buah yang rasanya asam. Cacapan asam ini dapat di santap untuk makan pendamping, terutama untuk kuliner yang di proses dengan cara dibakar, direbus, digoreng, dan diasinkan.

            3. Sop Mutiara


(https://img.inews.co.id/media/620/files/inews_new/2020/07/24/makananbanjarmasin1.jpg)

 

Sop Mutiara adalah makan khas Banjarmasin yang ga boleh diewatkan merupakan olahan daging ayam yang digiling halus dan di bentuk seperti bakso berukuran kecil. Kuah dari sop ini menggunakan susu, pala, bawang merah dan bawang putih sehingga memiliki rasa yang sangat gurih.

            4. Lontong Orani


(https://media.suara.com/pictures/970x544/2017/10/24/32171-lontong-sayur-banjar.jpg)

 

Lontong Orani adalah makanan khas Banjarmasin yang tak jauh berbeda dengan lontong pada umumnya, uniknya lontong orani ini memiliki bentuk unik yang berbeda dari pada lontong umumnya serta pendamping seperti irisan labu, buncis, ikan gabus, serta telur yang dimasak dengan bumbu kemerahan dan disiram kuah santan yang gurih.


            5. Soto Banjar



 

Soto Banjarmasin atau soto banjar yang dapat di temui di berbagai kota. Soto Banjar pada umumnya menggunakan olahan daging ayam sebagai bahan utamanya, daging ayam tersebut disuir-suir dengan ukuran kecil-kecil dan di lengakapi dengan perkedel dan juga telur setengah matang yang sudah di iris serta pemakaian kayu manis sebagai pengganti kunyit.


            6. Patin Baubar



 

Patin Baubar adalah makanan khas Banjarmasin yang dibuat menjadi pepes lalu di bakar dengan bumbu rempah khas Banjarmasin yang membuatnya gurih.


            7. Ketupat Kandangan




Ketupat Kandangan makanan khas Banjarmasin, ketupat kandangan tak jauh berbeda dengan ketupat pada umumnya tapi yang berbeda adalah isian ketupat yang diisi dengan potongan ikan haruan asap atau yang dikenal dengan ikan gabus asap sehingga menciptakan rasa yang berbeda. Selain itu ketupat ini juga biasa di sajikan dengan ikan patin atau gurame yang sudah diasap, lalu di campur dengan kuah yang sangat kental yang terbuat dari santan serta rempah-rempah lainnya.

 

Nah, jagadians itu dia makanan khas Banjarmasin yang bisa kamu jadiin referensi kalau kamu ke Kalimantan Selatan khusunya kota Banjarmasin. Mana makanan yang paling kamu mau coba? Komen di bawah ya.


















Posting Komentar

0 Komentar