Ticker

6/recent/ticker-posts

Enak Banget! Ragam Kuliner Khas Minangkabau

 


JagadMedia - Hallo Sobat Jagadians! Makanan khas suku Minangkabau memiliki cita rasa yang lezat dan pastinya akan menggugah selera makan. Ada banyak jenis makanan dari suku Minangkabau mulai dari makanan berat, cemilan, kue tradisional hingga minuman. Ada berbagai macam makannan khas suku Minangkabau sesuai dengan daerahnya, antara lain Padang, Bukittinggi, Padang Panjang dan lainnya. Yuk simak makanan apa saja khas suku Minangkabau.


            1. Gulai Banak


 

Gulai Banak dalam bahasa Minangkabau berarti gulai otak. Makanan khas ini berbahan utama otak sapi yang telah di dipotong-potong. Otak sapi ini dimasak dalam bumbu gulai, gulai ini diberi irisan daun mangkok yang banyak sehingga mempunyai cita rasa yang amat khas.


            2. Sate Padang


 

Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatra Barat, yaitu Sate Padang, Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. Sate memakai bahan daging sapi,lidah atau jeroan dengan di tambah bumbu kacang kental dan cabai sehingga rasanya pedas. Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah satenya yang berwarna kuning sedangkan Pariaman kuahnya bewarna merah.


            3. Ayam Kurma


 

Ayam Kurma merupakan makanan khas Minangkabau, meskipun dinamakan kurma olahan ayam ini tidak menggunakan kurma sebagai bahannya. Ayam Kurma merupakan olahan mirip gulai dengan rempah-rempah yang kuat seperti kapulaga,cengkih, bunga lawang, dan jahe.


            4. Palai Rinuak


 

Palai dalam bahas Minang berarti Pepes semenatara rinuak merupakan jenis ika kecil di Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ikan Rinuak dibuah dengan mencampurkan ikan rinuak bersama bumbu khas Minangkabau.


            5. Bubur Kampiun


 

Bubur Kampiun merupakan khas suku Minangkabau yang terdiri dari campuran ketan putih yang di kukus bubur sumsum, bubur ketan hitam, kolak pisang/ubi, bubur kacang hijau dan candil. Bubur yang paling ditemukan saat bulan Ramadan.


            6. Nasi Kapau


 

Nasi Kapau merupakan nasi campur khas Minangkabau, makan ini terdiri dari nasi, sambal, dan lauk pauk khas Kapau, gulai sayur nangka, gulai tunjang, gulai cangcang, gulai bebek. Ciri khas nasi ini adalah adanya gulai nangka khas Kapaunya.


            7. Rendang


 

Rendang merupakan makanan yang paling terkenal, makanan ini juga di nobatkan sebagai salah satu makanan terlezat didunia. Rendang merupakan daging yang dimasak dengan rempah-rempah dan santan lalu dimasak dalam waktu yang lama. Rendang juga dapat bertahan berminggu-minggu.


            8. Dendeng Balado


(http://kbu-cdn.com/dk/wp-content/uploads/balado-daging-kering.jpg)

 

Dendeng Balado adalah makanan khas Minangkabau yang terbuat dari irisan tipis daging sapi yang dikeringkan lalu digoreng kering. Daging goreng lalu diberi bumbu balado. Balado adalah teknik memasak Minangkabau dengan cara menumis cabe giling dengan berbagai rempah biasanya bawang merah,bawang putih, jeruk nipis.

 

Nah, jagadians itu dia beberapa makanan khas Minangkabau.Dari makanan-makanan diatas mana yang jadi favorit kamu? Komen dibawah ya.
















Posting Komentar

0 Komentar