Ticker

6/recent/ticker-posts

Keren! Rekomendasi Film berlatar Penjara Kamu Wajib Nonton!

 


JagadMedia - Hallo Sobat Jagadians! Penjara adalah tempat yang kerp menyeramkan dan identik dengan kekerasan yang menjadi hunian berbagai pelaku kejahatan serta tempat yang paling dijauhi oleh masyarakat. Tapi film belatar di penjara bisa jadi menarik jika difilmkan, karena terdapat beberapa cerita unik dan menyentuh mengenai perjuangan para tahanan untuk bertahan hidup di penjara. Yuk, simak film apa saja yang belatarkan dipenjara.


            1. The Green Mile (1999)


(https://material.asset.catchplay.com/NBC-IN-001-A0131/artworks/posters/NBC-IN-001-A0131-P704.jpg?hash=1641788582)

 

Film ini menceritakan tentang kehidupan pemasyarakatan Cold Moutain, Paul Edgecomb adalah pria berusia 44 tahun yang berprofesi sebagao pengawas di Lembaga Pemasyarakatan Cold Mountain. Bersama lima rekannya, Paul bertugas menjaga ketertiban di sel narapidana hukuman mati atau yang disebut "Green Mile". Suatu hari Green Mile dihebohkan dengan kedatangan penghuni baru bernama John Coffey. John di dakwa atas kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap dua gadis kulit putih di Louisana. Meski berikeras dia bukan pelakunya, rasisme dan segregasi yang begitu kuat pada masa itu membuat John tidak bisa berbuat banyak. Melihat kehadiran John, penjaga sadis Percy Whitmore mulau menunjukkan penghinaannya terhadap pria kulit hitam. Seiring berjalannya waktu, John mulai menunjukkan satu keunikan dalam dirinya. Dia memiliki kekuatan supernatural yang dapat menyembuthkan orang sakit, John menjadi orang pertama yang mengetahui keajaiban John Coffey, saat ia berhasil menghilangkan infeksi yang dideritanya. Tak berhenti disitu John bahkan bisa menyembuhkan Melinda Moores   dari tumor serta menghidupkan kembali tikus peliharaan Del, melihat kebaikan hati John seluruh penghuni Green Mile pun yakin dia tidak membunuh siapapun.

            2. The Longest Yard (2005)


(https://anh.24h.com.vn/upload/2-2016/images/2016-05-31/1464666741-the-longest-yard.jpg)

 

Film ini menceritakan tentang kisah kehidupan seorang atlet football Paul Crewe, suatu saat Paul sedang berada di sebuah bar dengan pacarnya. Mereka minum bersama hingga mabuk berat, tak lama kemudian mereka terlibat pertengkaran. Paul mengunci pacarnya di toilet dan memakai mobilnya untuk berkeliling kota, karena mabuk Paul mengemudi dengan liar hingga menabrak beberapa mobil yang melintas atas tindakan buruknya ini Paul dijatuhi hukuman penjara selama 3 tahun. Kerasnya hidup di penjara ternyata bukan hal yang mudah sehingga Paul lebih menghargai kehidupan. Maka ketika ia diminta oleh kepala penjara membentuk sebuah tim football untuk mengikuti pertandingan, Paul pun menyetujuinya. Tim narapidana bentukan Paul nantinya akan bertanding melawan tim sipir, tapi mencari tim di dalam penjara ternyata bukan hal yang mudah,apalagi para narapidana ini tidak memiliki background sebagai atlet. Beruntung Paul dibantu oleh seorang caretaker mereka akhirnya memilih narapidana biasa tapi mempunyai kemampuan untuk berlatih football. Paul juga kemudian dibantu oleh Nate Scarborough satu-satunya narapidana selain Paul yang memiliki background sebagai atlet. Tim pun telah terbentuk dan mereka mulai berlatih dengan keras. Sayangnya tim sipir sering berbuat curang, mereka banyak melakukan sabotase mulai dari hal kecil sampai ke hal yang mengancam nyawa. Dimulai dengan sabotase lapangan, hingga merencanakan pembunuhan terhadap Paul tapi justru salah sasaran dan caretaker yang akhirnya tewas. Kematian caretaker menjadi penyemangat tim agar makin giat berlatih dan mempersembahkan kemenangan untuk caretaker yang telah berkorban nyawa untuk mereka.


            3. The Next Three Days (2010)


(https://cdns.klimg.com/kapanlagi.com/p/headline/a/476x238/0000008742.jpg)

 

Film ini bercerita tentang John Brennan memiliki kehidupan rumah tangga haramonis dan nampak sempurna, Namun tiba-tiba Laura ditudh melakukan kejahatan yang tidak pernah ia lakukan. Hidup John kemudian berubah,namun john tidak mau menyerah meskipun ia harus membagi waktu antara menjadi dosen dan merawat anak. Selain itu John juga harus mencari cara untuk membuktikan bahwa Laura tidak bersalah. Meksi demikian, Laura tetap saja terbukti bersalah dan harus menjalani hukuman. Laura bahkan memiliki niatan untuk bunuh diri. Hal tersebut membuat John resah, ia kemudian merancang skenario untuk Laura melarikan diri dari penjara.


            4. Escape Plan (2013)


(https://cdn2.daily-movies.ch/wp-content/uploads/2014/10/daily-movies.ch_Escape-Plan.jpg)

 

Film ini menceritakan tentang Ray Breslin dan rekannya Lester Clark yang memiliki bisnis yang terbilang unik. Setiap bulannya pemilik perusahaan Breslin Clark ini akan membantu klien mereka dalam mengecek sistem keamanan penjara paling ketat di Amerika Serikat. Berbekal kemampuannya sebagai insinyur dan escape artist, Ray biasanya akan membuat beberapa strategi melarikan diri dari penjara tersebut. Suatu hari, agen CIA Jessica Miller membayar jasa Ray dan Lester senilai jutaan dollar untuk misi di sebuah penjara rahasia. Karena tidak ingin lokasi penjara diketahui orang asing, Agen Miller meminta keduanya menyetujui skema penculikan yang akan dilakukan CIA. Dengan identitas barunya sebagai teroris Anthony Portos, Ray pun dibawa menuju tempat yang dimaksud sang klien, namun di tengha perjalanan, tiba-tiba seseorang membuang alat pelacak di lengan Ray kemudian memberinya obat penenang. Ray pun terbangun di sebuah penjara berbentuk kotak kaca besar bersama tahanan bernama Emil Rottmayer, Di tengah kebingungannya Ray mulai mempelajari struktur dari penjara tersebut dan berbagai kelemahannya. Ia bahkan meminta bantuan Emil berpura-pura menghajarnya, agar ia bisa dengan mudah menjalankan rencananya. Beruntung, aksi gila Ray berbuah hasil, ia berhasil menemukan terowongan di lantai ruang tahanannya yang ternyaa mengarah ke dek kapal kargo.


            5. Miracle In Cell No.7 (2013)


(https://img.okezone.com/content/2020/05/12/206/2212926/sinopsis-film-miracle-in-cell-no-7-E6SGniBWyf.jpg)

 

Film ini menceritakan tentang seorang ayah penyandang intelektual disabilitas dan autis bernama Lee Yong Go hidup dengan anak perempuannya Ye Sung. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Lee Yong Go bekerja sebagai tukang parkir. Suatu ketika sang putri ingin sekalu memiliki sebuah tas kuning bergambar tokoh kartun sailor moon, Lee Yong Go tak bisa membelikan Ye sung tas tersebut karena belum mendapatkan gaji, namun ternyata ada seorang anak perempuan bernama Ji Yeong membeli tas itu bersama sang ayah mengetahui hal tersebut Lee Yong Go nekat masuk kedalam too dan meminta agar tas itu tidak dibeli. Sayangnya, Lee Yong Go gagal mendapatkan tas yang diinginkan Ye sung itu, anak perempuan yang berhasil membeli tas itu ternyata baik hati, ia justru menemui Lee Yong Go dan menunjukkan toko lain yang menjual tas yang sama. Saat bersama Lee Yong Go, Ji Yeong terpeleset hingga terjatuh dan mengakibatkan meninggal dunia. Berada di dekat Ji Yeong, Lee Yong Go dituduh membunuh anak perempuan itu dan memperkosanya, Lee Yong Go akhirnya masuk penjara dan di vonis hukuman mati. Film ini mengisahkan perjuangan Lee Yong Go saat berada di dalam penjara dan mendapatkan banyak sahabat sesama tahanan.


            6. Escape From Pretoria (2020)


(https://montasefilm.com/wp-content/uploads/2020/03/44603_6_ESCAPE_FROM_PRETORIA_AMAZON_1920x1080.jpg)

 

Film ini menceritakan tentang dua pemuda vokal yang aktif menetang praktik Apartheid di Afrika Selatan, Apartheid merupakan sebuah pemahaman yang menganggap ras kulit putih berada di posisi lebih tinggi dari pada ras kulit hitam. Suatu ketika saat sedang menyebarkan selebaran berisi kampanye Anti-Apartheid, mereka ditangkap polisi. Jenkin dan Lee dinyatakan bersalah oleh pengadilan dan dijatuhi hukuman masing-masing 12 dan 8 tahun penjara. Mereka kemudian di bawa ke penjara Pretoria, penjara dengan keamanan ketat tempat dimana parah tahanan politik diasingkan. Di penjara ini mereka bertemu tahanan politik lain yang di jatuhi hukuman seumur hidup bernama Denis Goldberg, Jenkin dan Lee mengajak Goldberg bekerja sama untuk melarikan diri, tapi ia menolak. Lantas mereka mengajak tahanan lain,Leonard Fontaine untuk bekerja sama merencanakan pelarian. Fontaine kali ini setuju mereka pun segeraw memulai aksinya dengan menganalisa sistem keamanan penjara dan membuat kunci kayu untuk membuka pintu sel.

 

Nah, itu dia jagdians beberapa rekomendasi film berlatar di penjara mulai dari yang menegangkan hingga mengharukan, bisa jadi rekomendasi buat jagadians tonton di waktu luang. Ada yang sudah kamu pernah tonton? Komen di bawah ya. Selamat menonton!



 












Posting Komentar

0 Komentar