Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk Cek! Apa Sih Sholat Tarawih Itu !

(https://cdns.klimg.com/dream.co.id/resources/news/2020/04/22/134940/664xauto-sholat-tarawih-di-rumah-200422p.jpg)

 JagadMedia - Sholat tarawih adalah sholat yang hanya bisa dilakukan pada bulan Ramadhan saja, dimulai setelah waktu sholat Isya dan berakhir pada waktu shubuh. Sholat tarawih memiliki jumlah rakaat yang sangat banyak berjumlah 20 rakaat dan dilanjutkan dengan sholat witir 3 rakaat, adapun yang melaksanakan sebanyak 8 rakaat dan dilanjut 3 rakaat witir. Hukumnya sholat tarawih adalah sunnah mu’akad yang artinya amalan sunnah yang dianjurkan dikerjakan. Sholat tarawih lebih afdhal apabila dilakukan secara berjamaah dimasjid, tetapi apabila menghadapi kesulitan seperti pandemic sekarang ini, maka diperbolehkan dilakukan secara sendiri. Dan keutamaan dalam sholat tarawih adalah :

1. Dosa- dosa di ampuni

Keutamaan sholat tarawih yang pertama adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. Hal ini sebagaimana sabda Rasulullah dalam sebuah hadits sahih berikut ini,

" Barang siapa ibadah (tarawih) di bulan Ramadan seraya beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR. Bukhari Muslim).

2. Setara dengan Qiyamul Lail

Selain itu, keutamaan sholat tarawih yakni umat Islam dapat mengerjakannya secara berjamaah, baik di masjid atau pun rumah sendiri. Sementara itu, sholat yang dikerjakan secara berjamaah disebut akan mendatangkan pahala yang setara dengan amalan semalam penuh.

" Sesungguhnya, siapa saja yang shalat bersama imam hingga imam itu selesai, maka ia dicatat telah mengerjakan shalat semalam suntuk." (HR. Tirmidzi).

3. Menguatkan tali silaturahmi

Karena ketika mengerjakan sholat tarawih berjamaah di masjid disana terjadiah percakapan antara warga masyarakat sekitar yang dapat memperkuat hubungan tali silaturahmi antara sesame.

4. Meningkatkan kesehatan jiwa dan raga

Sejatinya sholat dapat menenangkan jiwa dan mendapatkan kedamaian, serta gerakan sholat yang membuat persendian menjadi lebih sehat dan dapat membakar kalori yang di timbun dalam tubuh.

Itulah sedikit pengetahuan tentang sholat tarawih, semoga bermanfaat untuk kita semua aamiin! Jangan lupa untuk komen ya!


Posting Komentar

0 Komentar