Ticker

6/recent/ticker-posts

Terungkap ! 5 Makanan Nusantara dan Sejarah Unik Di Baliknya

Indonesia memang surganya kuliner unik ya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing yang menonjol. Berbagai aneka menu makanan maupun cemilan dari penjuru nusantara memang sangatlah memanjakan lidah kita semua. Namun, belum banyak yang tahu nih bahwa beberapa masakan nusantara juga ada yang memiliki nama dan latar belakang unik. Walaupun namanya unik, makanan berikut ini memiliki cita rasa yang tidak kalah lezat dari masakan nusantara lainnya loh. Penasaran apa aja sih ? Yukmari....

1. Nasi Kucing



Nasi kucing atau sering disebut orang Jawa sebagai sego kucing, adalah makanan yang memang unik. Nasi kucing sengaja dibuat dengan porsi sedikit untuk menyesuaikan kemampuan beli rakyat biasa pada zaman dulu. Karena membeli makanan mahal sulit dilakukan, akhirnya orang mencari cara bagaimana bisa menjual makanan namun dengan harga sangat murah. Bentuknya yang sangat khas, yaitu nasi sekepal dibungkus dengan daun pisang, biasanya diisi dengan lauk sambal bandeng atau oseng tempe. Porsinya yang kecil dan menyerupai porsi makanan kucing nah dari situ kenapa disebut nasi kucing.

2. Nasi Kentut



Hah nasi bisa kentut? Jangan keburu ngga selera makan dulu nih, ketika mendengar nama nasi kentut. Alasan namanya nasi kentut karena saat memasak, nasi ini diberi cita rasa menggunakan daun yang lebih dikenal sebagai tanaman kentut di daerah Sumatera. Daun tersebut digunakan sebagai campuran nasi yang kemudian dibungkus dengan daun pisang saat dibakar. Nasinya pun dilengkapi dengan berbagai rempah-rempah bercita rasa gurih dan berbagai macam lauk seperti ikan pepes, ayam goreng, serta tahu atau tempe. Tidak banyak yang tahu bahwa daun kentut adalah tanaman obat yang tumbuh liar dan memiliki khasiat seperti membantu pelancarkan pencernanaan kita loh.

3. Roti Ketawa



Ada roti yang bisa ketawa? Ada dong Roti khas Sumatera Utara ini berbentuk bulat dan ada belahan di permukaannya yang mirip seperti sebuah senyuman atau ketawa. Sama-sama ditaburi dengan wijen di atasnya, roti ketawa sering disebut serupa dengan onde-onde, cuman bedanya teksturnya keras. Ada dua jenis roti ketawa, yaitu ukuran besar dan ukuran kecil, namun jika berkunjung ke Sumatera Utara bentuk aslinya kebanyakan berukuran besar. Roti ketawa yang masih panas akan terasa lebih lembut dan gurih, dan cocok nih buat temen minum teh.

4. Kue Dolar



Masakan nusantara yang satu ini khas Surabaya kue nya tidak menyerupai uang logam ataupun berhubungan dengan mata uang asing tersebut. Nah ,bentuk kue yang bulat dan pipih mungkin menjadi alasan mengapa orang zaman dahulu menyebutnya kue dolar. Kue dolar ini mempunyai rasa yang bermacam-macam, ada yang gurih, renyah dengan taburan wijen, ada gurih keju, dan ada juga yang beraroma jahe. Kue dolar juga cukup identik sebagai kue tempo dulu loh karena Usaha kue dolar pertama kali muncul tahun 1936 yang diberi nama Kuweh Dollar Tjap Masin di Surabaya.

5. Kue Satu



Nah kalau yang satu ini pasti udah sering melihat kue satu menjadi sajian khas saat lebaran, acara khitanan serta acara tradisionil kemasyarakatan Sunda yang lain. Kue kecil berwarna putih ini salah satu masakan nusantara warisan Jawa Barat yang sudah ada sejak dulu jadi bagi orang yang masih mengenal kental budaya Pasundan, resep pembuatan kue satu sudah diwariskan secara turun-temurun. Kue satu rasa-rasanya manis serta lembut dengan bahan basic kacang hijau seringkali jadikan menjadi oleh-oleh ciri khas dari Tanah Pasundan .Cara membuatannya pun masih memakai cara pembuatan tradisional yang menggunakan paparan sinar matahari untuk mengeringkan kue.


Gimana kalian tertarik ga buat cobain semua makanan nusantara yang unik-unik nih? jangan lupa komen ya dibawah. Sampai jumpa di artikel selanjutnya 💙

Posting Komentar

0 Komentar