Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Manfaat Puasa Senin-Kamis, (No.5 Sangat Ampuh!)


Assalamualaikum sahabat muslim, kali ini kita akan membahas apasih manfaat dari puasa sunnah senin dan kamis, puasa ini hanya dilaksanakan seminggu 2 kali , yaitu pada hari senin dan kamis, yukk langsung aja kita bahas.. 

Puasa merupakan rukun Iman Ketiga dalam Islam. Bagi semua ummat muslim yang sudah baligh, puasa wajib dilaksanakan di bulan ramadhan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Banyak sekali hikmah yang didapat dari melaksanakan ibadah puasa, diantara hikmah tersebut adalah mampu melatih kesabaran, dapat menumbuhkah rasa perduli kepada sesama, bisa merakan bagaimana pedihnya mayarakat yang harus menahan lapar karena ketiadaan makanan dan yang terpenting adalah menuju kepada ketaqwaan kepada Allah SWT.

Bagi ummat muslim, selain puasa wajib, ada pula puasa yang sunat dilaksanakan. Hukum sunnah adalah jika dikerjakan mendapat pahala, dan jika ditinggalkan tidak berdosa. Salah satu puasa sunnah yang sering dikerjakan ummat musim adalah puasa senin kamis.


Mengapa Puasa Senin dan Kamis

Secara umum hikmah atau manfaat puasa sunnah senin kamis hampir sama dengan puasa wajib yang dikerjakan pada bulan ramadhan. Namun kadang timbul pertanyaan, mengapa harus dikerjakan pada hari senin dan kamis, mengapa tidak pada hari hari lain. 

Bahwa pada hari senin adalah hari kelahiraan Nabi muhammad SAW dan hari dimana wahyu diturunkan kepada beliau (HR. Muslim), hari senin dan kamis juga adalah hari dimana pintu surga dibuka, hari dimana Allah mengampuni orang-orang yang tidak menyekutukan Allah SWT, kecuali orang-orang yang bermusuhan dengan saudaranya sampai ianya berdamai (HR. Muslim).


Manfaat Puasa Senin dan Kamis

1. Dapat melindungi diri dari Penyakit Kanker

Penyakit kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel secara abnormal sehingga menjadi sel kanker. Pertumbuhan sel yang tidak baik ini, sedemikian pesatnya dan tidak bisa dikendalikan oleh tubuh yang pada akhirnya akan merusak tubuh manusia itu sendiri. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa untuk meredam rasa sakit bagi penderita kanker adalah dengan berpuasa antara 8-10 jam, jadi bagi penderita kanker sangat dianjukan untuk berpuasa senin kamis, selain untuk meredam rasa sakit, juga mendapat ganjaran pahala.

2. Mampu menurunkan Tekanan Darah

Saat berpuasa biasanya tekanan darah kita cenderung turun, dan akan kembali naik setelah puasa selesai dilaksanakan. 

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol adalah salah satu zat mirip lemak yang terdapat dalam tubuh manusia dan di produksi secara alamiah oleh hati. Meskipun diperlukan oleh tubuh namun jika jumlahnya berlebihan akan menimbulkan penyakit. Nah puasa senin kamis adalah salah satu cara untuk mengontrol tingkat produktifitas dalam tubuh kita agar tidak menjadi terlalu tinggi sehingga dapat menimbulkan penyakit.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Fungsi otak juga dapat meningkat dengan menjalankan oleh puasa senin kamis. Melaksanakan puasa senin kamis akan mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. 

5. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Bagi penderita sakit jantung sangat disarankan untuk berpuasa senin kamis. Dengan berpuasa senin kamis, penderita sakit jantung akan mengendalikan kadar insulin dan mampu meredakan peradangan atau inflamasi (kemampuan tubuh dalam melindungi diri dari infeksi dari mikro organisme asing seperti bakteri, virus, jamur dll) di dalam tubuh. 

6. Menekan Resiko Terkena Diabetes

Puasa senin kamis juga mampu menekan resiko terkena diabetes melitus tipe 2. Diabetes melitus tipe 2 adalah suatu keadaan dimana kadar gula dalam darah kita melebihi batas ambang normal. Hal inilah yang memicu berbagai penyakit lain. Dengan puasa senin kamis akan mengendalikan kadar insulin (hormon dalam tubuh kita yang di produksi oleh pankreas) dan membantu menurunkan berat badan dimana dua hal tersebut sangat erat kaitannya dengan diabetes. 

Jadi jelaslah bagi kita, betapa banyak manfaat yang bisa kita rasakan dari berpuasa senin kamis. Puasa senin kamis dilaksanakan sama seperti puasa pada bulan ramadhan, yaitu mulai dari terbit fajar sampai dengan matahari terbenam. Niat puasa Senin adalah Nawaitu Shauma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillahi Ta’ala (saya niat puasa pada hari senin, sunat karena Allah Ta’ala). Sedangkan Niat puasa untuk hari kamis adalah Nawaitu Shauma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillahi Ta’ala (saya niat puasa pada hari Kamis, sunat karena Allah Ta’ala).

Akhirnya dapat kita simpulkan bahwa begitu banyak manfaat dari puasa pada hari senin dan kamis. Semoga kita mampu melaksanakan dan menjalankan puasa senin dan kamis agar manfaatnya bisa kita rasakan bersama. Amiin ya rabbal Alamin.


Writer

Johan Arifin


Posting Komentar

2 Komentar