Ticker

6/recent/ticker-posts

Apa?! Berat Badan Naik Saat WFH?! Inilah Tips Sehat Saat Work From Home


JagadMedia - Hai-hai apa kabar? mimin mengalami kondisi saat ini atau yang kita kenal sebagai adaptasi kebiasaan baru (AKB) merupakan kondisi pasca masa karantina , namun bekerja atau melakukan kegiatan di rumah atau yang kita kenal sebagai work from home (WFH) menyebabkan beberapa dari kita sedikit mengubah pola hidup sehat karena kegiatan di rumah sedikit mengurangi aktivitas luar ruangan seperti olahraga atau workout pada gym.

Kali ini kami akan memberikan beberapa tips untuk melakukan aktivitas atau kegiatan pola hidup sehat pasca pandemi, karena yang kita tahu sistem imun tubuh sangat di perlukan untuk menjaga kesehatan.

1. Makanan Sehat


Nutrisi seperti buah buahan dan sayuran sangat di perlukan tubuh , disamping mengandung nutrisi dan vitamin , makanan seperti sayuran dan buah buahan juga dapat memperbaiki sistem imun tubuh.

Mengurangi makanan cepat saji merupakan langkah yang tepat , karena makanan cepat saji dapat menimbulkan penyakit yang cukup serius jika di konsumsi secara berlebihan dan terus menerus , jumlah kalori yang di timbulkan juga cukup tinggi yang menyebabkan penyakit seperti kolestrol dan penyakit jantung dll.

Selain makanan cepat saji , mengurangi konsumsi gula juga sangat dianjurkan karena konsumsi gula secara berlebihan dan terus menerus dapat menyebabkan penyakit kronis seperti diabetes, kalian bisa mengganti konsumsi gula dengan memperbanyak konsumsi buah buahan segar karena zat pemanis alami pada buah tidak sebanyak pada gula.

2. Tidur Cukup


Menurut National Sleep Fondation manusia membutuhkan setidaknya 7 sampai 9 jam waktu untuk tidur , namun semenjak masa karantina yang membuat kita bekerja atau belajar di rumah membuat kita lupa akan waktu , karena beranggapan ketika melakukan kegiatan di rumah akan membuat kita memiliki waktu lebih untuk menyelesaikan pekerjaan atau mengerjakan tugas.

Namun hal ini akan membuat sistem imun tubuh menurun karena organ tubuh dipaksa untuk bekerja ekstra dari biasanya seperti kinerja jantung yang terus menerus dipaksa stand by setiap saat hal ini bisa menyebabkan kita terkena penyakit Kardiovaskular , efek samping dari kurang tidur antara lain penyakit jantung , kecemasan , kekebalan tubuh yang menurun , hilangnya selera makan dll.

3. Olahraga


Olahraga tidak melulu soal joging di luar ruangan karena di masa pandemi yang menyebabkan semua orang harus berdiam diri di rumah , beberapa olahraga yang bisa dilakukan dirumah seperti aktivitas workout , bersepeda di trainer , joging pada treadmill dll.  lakukan olahraga di dalam rumah selama satu sampai dua jam per hari secara rutin , karena hal ini dapat meningkatkan daya tahab tubuh dan sistem imunitas tubuh yang membuat kita kebal terhadap penyakit.

Namun olahraga juga jangan dilakukan secara berlebihan karena dapat menimbulkan kerusakan pada otot dan beberapa penyakit lainnya , karena pada dasarnya tubuh juga memiliki limit dan yang diri kita lah yang paham akan batas dari kemampuan tubuh , jadi jangan paksakan diri kalian saat ber olahraga.


4. Target


Kemalasan saat melakukan aktivitas kebugaran dan merubah pola makan serta memperbaiki pola tidur terkadang sangat berat , karena terkadang kita beranggapan aktivitas pekerjaan atau belajar sukar untuk di tinggalkan. Maka dari itu cobalah untuk membuat jadwal meski hanya satu jam atau bahkan 30 menit setiap hari , dan buatlah secara bertahap.

5. Memperbanyak Air Putih



Sekitar 60 persen dari tubuh kita adalah air, cairan tubuh bisa berkurang seiring dengan beratnya aktivitas. Kekurangan air dapat menyebabkan beberapa efek seperti dehidrasi dan bahkan dapat menyebabkan penyakit kronis. Meminum air putih juga dapat membuat kalian menghindari minum minuman manis dan bersoda

Sekian dari informasi ini silahkan komen di kolom komentar yaa dan juga share semoga informasi ini bermanfaat, Terima Kasih.


Writer

Ari Parasto

Posting Komentar

0 Komentar