Ticker

6/recent/ticker-posts

5 Cara Untuk Membuat Router Wi-Fi Bekerja Lebih Cepat

 

Hai sobat Jagad. Kalian tau dong pada zaman modern ini internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi kita semua. Tapi Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada mencoba menjelajahi internet menggunakan Wi-Fi yang sangat lambat. Meskipun ada beberapa perusahaan yang mengklaim kecepatan super cepat, pastinya ada keluhan dari pengguna tentang kecepatan internet yang lambat. Penting untuk diingat bahwa gelombang Wi-Fi adalah gelombang radio yang menempuh jarak kecil dan diambil oleh ponsel cerdas. Sayangnya, jika ada sesuatu yang menghalangi gelombang wifi ini menyebabkan kecepatan internet menjadi lambat. Inilah yang perlu kamu lakukan terhadap router Wi-Fi agar bekerja lebih cepat:

 

Jangan Pernah Menempatkan Router Di Lantai

Router rumah dirancang sedemikian rupa sehingga memancarkan sinyal ke bawah. Jadi, saat kamu meletakkan router di lantai, sinyalnya mengarah ke lantai alih-alih ponsel cerdas / laptop kamu. Gelombang Wi-Fi harus meminimalkan halangan apa pun agar dapat berfungsi dengan baik.

 

Jangan Letakkan Router Di Ruang Tertutup

Meskipun kamu mungkin ingin melindungi router dari debu, air, kerusakan, dll. Menyimpannya di lemari atau lemari yang terkunci akan membuatnya hampir tidak berguna karena sinyal Wi-Fi memanfaatkan udara sebagai pengirimannya. Jika router berada di dalam ruang yang kedap udara maka akan membuat router hampir tidak berguna. Sebaiknya simpan di tempat yang sedikit lebih tinggi sehingga kemungkinan kerusakannya sangat kecil.

 

Penempatan Router

Ini adalah hal terpenting yang perlu kamu ingat. Gelombang Wi-Fi mudah diserap oleh hal-hal yang menghalangi jalannya. Oleh karena itu, kamu perlu menempatkan router di tempat yang meminimalkan hambatan. Letakkan di ruangan yang bisa diakses dari seluruh penjuru ruangan. Dengan cara ini akan memastikan bahwa kekuatan sinyal sama di semua area rumah.

 

Perhatikan Antena

Untuk berjaga-jaga jika Router kamu memiliki dua antena eksternal, pastikan satu antena mengarah lurus ke atas sementara yang lain harus dimiringkan secara horizontal ke arah kiri. Hal ini dilakukan agar sinyal bisa sampai menjangkau ke berbagai sudut ruangan.

 

Jauhkan Barang Elektronik Dari Router

Tentunya meletakkan barang elektronik dekat dengan router tidak akan menambah kecepatan router. Sebaliknya,  televisi, handphone, komputer, dll akan mengganggu sinyal router dan membuat sinyal menjadi lemah. Pastikan router  dijauhkan dari perangkat elektronik apa pun yang dapat memengaruhi kecepatan Wi-Fi.


Itulah beberapa cara membuat router wi-fi kamu agar bekerja lebih cepat. Mungkin banyak dari kalian yang sudah mengetahui tips diatas dan munkin sobat jagad memiliki beberapa tips yang tidak disebutkan disini? Jika ada silakan sharing beberapa tips kalian di kolom komentar dibawah.

Posting Komentar

0 Komentar