Ticker

6/recent/ticker-posts

Google Luncurkan Pixel 4a, Siap Saingi iPhone SE 2020?

Pixel 4a (sumber: qerdus.com)
 
JagadMedia.id – Google telah meluncurukan smartphone terjangkau seri pixel mereka, yaitu Google Pixel 4a yang digadang gadang akan menyaingi smartphone terjangkau lainnya besutan Apple yaitu iPhone SE 2020. Lalu siapakah yang akan menang jika kedua smartphone ini dibandingkan? Yuk simak penjelasan singkat dibawah.

Sumber : appleinsider.com




 
Chipset
 
Dari segi chipset Pixel 4a menggunakan chipset Midrange besutan Qualcomm Snapdragon 730G, sedangkan iPhone SE 2020 menggunakan chipset flagship A13 Bionic yang juga ditanamkan pada smartphone flagship mereka iPhone 11 series. Dari sini terlihat iPhone SE unggul jauh dari segi chipset dibandingkan dengan Pixel 4a. Sedangkan untuk memori, Pixel 4a dibekali 6GB ram dan 128GB rom sedangkan iPhone SE 2020 3GB ram dan storage 64GB, 128GB, serta 256GB.

Kamera

Untuk Kamera bisa dibilang hampir mirip, Pixel 4a menggunakan kamera utama sebesar 12.2 MP dan kamera selfie sebesar 8 MP. Sedangkan iPhone SE 2020 menggunakan kamera utama sebesar 12 MP dan selfie sebesar 7 MP. Namun disini iPhone unggul dalam segi perekaman video karena mampu merekam hingga resolusi 4K 60 fps pada kamera utama, sedangkan Pixel 4a terbatas pada 4K 30 fps.

Build quality

Untuk build quality bisa dibilang Apple iPhone SE 2020 unggul telak, karena mereka menggunakan material kaca di depan dan belakang serta bahan frame alumunium. Sedangkan keseluruhan bodi Pixel 4a adalah plastik begitupun dengan frame yang masih plastik. Sedangkan untuk segi fitur keamanan kedua smartphone ini sudah ditanam sensor sidik jari pada bodi mereka.

Baterai

Untuk baterai Pixel 4a lebih unggul dengan kapasitas 3140 mah dibanding dengan Iphone SE 2020 1821 mah. Namun untuk fitur pengecasan iPhone sudah dibekali dengan wireless charging yang dimana kamu bisa mengecas tanpa menyolokkan kabel usb ke smartphone, sedangkan Pixel 4a tidak dibekali wireless charging. 

Display

Untuk display juga dibilang pixel 4a lebih unggul dengan resolusi FHD+ sedangkan layar iPhone SE sekedar beresolusi HD retina saja. Dan ukurannya pun beda jauh Pixel 4a dengan bentang layar 5.8 inch enak untuk menonton konten multimedia. Sedangkan iPhone SE 2020 4.7 inch yang dimana sangat nyaman dioperasikan dengan satu tangan.

Harga dan kesimpulan

Untuk awal peluncuran Pixel 4a dibandrol $349 atau sekitar 5.2 juta rupiah di AS, sedangkan untuk  iPhone SE 2020 $399 atau sekitar 6 juta rupiah di AS. Namun sayang Pixel 4a tidak akan masuk secara resmi ke Indonesia karena aturan Kemenperin dan TKDN, berbeda dengan iPhone SE 2020 yang sudah lolos sertifikasi TKDN software dan sudah muncul di web Apple Indonesia namun belum mengumumkan harga resmi untuk pasar Indonesia. 
 
Jadi kamu tipe user yang mana nih? Suka layar lebar buat nonton konten multimedia atau suka yang ukuran compact dan enak digenggam dengan satu tangan? Silahkan beri komentar dibawah ya, sampai jumpa diartikel berikutnya.


Posting Komentar

0 Komentar