Ticker

6/recent/ticker-posts

Mengenal teknik Motion Capture (Tangkap Gerak) pada dunia Sinematografi

  

 


Motion Capture (Tangkap Gerak/Menangkap Pergerakan)

Adalah sebuah terminologi yang digunakan dalam dunia Editing atau Sinematografi untuk menduplikasi pergerakan asli manusia dalam sebuah karakter modeling computer yang bersifat 2D/3D yang membuat seakan akan model karakter tersebut hidup dan memiliki pergerakan yang nyata, dari mulai ekspresi wajah, jari jari atau pun segala pergerakan halus yang dilakukan model manusia untuk di duplikasi kedalam objek atau model komputer , kegiatan ini bisa juga dikatakan sebagai Performance Capture.


Dalam Proses pengambilan teknik Motion Capture, biasanya sang model manusia diambil gerakannya berkali-kali dalam satu detik pada Film tersebut, meskipun akhir akhir ini Teknik Motion Capture ini sudah banyak perubahan dan perkembangan, tapi teknik ini masih tetap dipakai, karna sejatinya teknik ini bukan hanya merekam visualisasi pada aktor saja, tapi seperti yang kita bahas diatas teknik ini juga mengambil setiap pergerakan pada sang aktor, karna data animasi akan dipetakan menjadi model 3D/2D agar model tersebut dibuat seolah olah mengikuti gerakan aktor tersebut.



Sebelum Motion Capture belum banyak di pergunakan, dahulu dalam dunia Sinematografi biasa menggunakan teknik Rotoscope dimana penampilan Visual dari pergerakan sang aktor difilmkan lalu hasil filmnya digunakan frame per frame dari karakter animasi yang digambar tangan, pada kasus contoh nya film The Lord of The Rings yang banyak menggunakan teknik Rotoscope.

Gerakan kamera pada Motion Capture ini juga dapat di-motion kan sedemikian rupa sehingga ketika sang aktor melakukan aksi pertunjukan nya pemetaan gerakan dilakukan secara sempurna dan komputer bisa memproses video tersebut dengan sangat baik, set gerakan kamera tersebut disebut Camera Tracking atau Match Moving.


Sekian pembahasan mengenai teknik Motion Capture kali ini see you.

Posting Komentar

0 Komentar