Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk! Kenali “Rendang” Makanan terenak di dunia


Seperti yang mana kita tahu Indonesia akan tradisi dan budaya adat istiadat nya, tapi tak terlepas dari itu indonesia juga terkenal akan makanan khasnya loh. Salah satunya adalah Rendang. Sudah tak asing mendengar kata “rendang” adalah salah satu makanan indonesia yang berasal dari daerah minang (Sumatera Barat)  terenak diakui di dunia. Menjadi makanan terenak di dunia bahkan masuk ke daftar makanan CNN pada tahun 2019. Awal asal mula sejarah rendang, berawal dari yang mana orang minang itu sudah sering merantau berbagai pulau di indonesia bahkan sampai keluar negeri. Baik dalam rangka berdagang ataupun dalam menuntut ilmu ke negeri orang. Maka dari itu olahan daging ini dibuat untuk bekal para perantau agar bertahan lama, dan muncullah ide dalam membuat rendang, karena rendang bisa bertahan sampai sebulan atau lebih. Kenapa demikian? alasannya rendang dibuat dengan rempah-rempah asli tanpa bahan pengawet. 



Rendang makanan khas dari Tanah Minang. /tirto.id


Namun, di zaman sekarang orang yang tak bisa masak rendang jadi bisa masak karena banyak di supermarket menjual bumbu praktis rendang tersebut. hanya saja mungkin daya tahan lama pada makanan tidak setahan lama dengan cara memasak dengan bumbu-bumbu yang diracik sendiri. Tapi tak perlu khawatir disini sobat sejagad akan dibagi tips cara masak rendang yang daya tahan lamanya bisa sampai sebulan. 


1. Pilihan daging

Paling bagus paha atas, karena daging nya bersih tanpa urat-urat dan tidak ada lemaknya

2. Pilihan santan

Santan dipilih dari kelapa pilihan yang sudah tua

3. Pilihan bumbu

Bumbu masakan tidak jauh dari rempah-rempah hanya saja kalau rendang ada banyak bumbu rempah nya. Selain dari bumbu basah yang digiling. Rempah yang ngebedain dari masakan lainya yaitu dari banyaknya rempah-rempah di antaranya ada sekitar 13 macam yaitu: Ketumbar, Merica, Kapolaga, Peka, Adas, Cengkeh, Jinten, Bunga pala, Kulabet, Pala, dan Kayu manis.

4. Cara Masak

Untuk waktu dalam memasak sekitar lebih 2 jam. Baru dapat hasil rendang yang bagus dan awet.



Jadi gimana nih teman sejagad, udah tau kan kenapa Rendang menjadi salah satu makanan yang paling mendunia, selain enak dalam masakan, rendang juga bisa tahan lama juga.



Posting Komentar

0 Komentar