Ticker

6/recent/ticker-posts

Craftopia : JRPG dan Sandbox? Kenapa Tidak?

 

JagadMedia - Kali ini game yang jarang ditemui, yaitu Craftopia. Genre-nya? Anime, JRPG, dan Sandbox. Iya betul, game ini ada sandbox-nya. Banyak banget fitur yang dihadirkan game ini, udah gitu open world pula. Pokoknya, simak dulu yuk apa aja yang saya dapat tentang game ini!

Craftopia hadir untuk platform PC. Banyak perhatian yang dituju pada game yang satu ini. game yang dibangun oleh POCKET PAIR, Inc. ini merupakan game yang tidak biasanya. Seperti yang sudah saya bahas tadi, game ini memiliki genre JRPG dan Sandbox, gambarannya tuh ketika Legend of Zelda dan Minecraft berpadu, kira-kira seperti itulah. Game ini masih dalam tahap pengembangan, dan early-access sudah dapat kamu mainkan di Steam library.

Pemilihan Skin Character

Sebagai permulaan, yang kamu harus lakukan adalah membuat karakter kamu. Bukan JRPG kalo gak ada fitur custom character bukan? Kamu bisa memilih gender, warna character, dan sebagainya. Namun kamu harus crafting pakaian atau armor pada progress game kamu nanti jadi kamu belum bisa custom pakaian pada saat character creation.

Gameplay Craftopia

Setelah bikin character, kamu langsung terjun deh ke permainan. Ada banyak NPC di sekitar kamu untuk menjelaskan tutorial gameplay-nya. Maklum, masih, jadi early-access belum bikin tutorial yang selayaknya. Game ini juga belum memiliki story sama sekali, jadi kamu hanya bisa menjelajah world dan dungeon yang luas banget. Kalau bosan main sendiri pun, kamu bisa bermain multiplayer dengan teman kamu menggunakan Hamachi.

Gameplay Multiplayer

Yah, mirip banget seperti sandbox lainnya terutama Minecraft. Mengumpulkan resource yang ada untuk membuat alat dan sebagainya. Jadi mukul pohon dan batu terlebih dulu yang kemudian baru bisa crafting peralatan. Selain peralatan, ada berbagai senjata dan armor untuk membantu kamu menjelajah dungeon. Kemudian kamu bisa membuat kendaraan darat, air, dan udara dengan fitur crafting tersebut.

Gameplay Hack&Slash

Craftopia juga memiliki fitur hack and slash. Karena open world yang sangat luas, dan ada dungeon yang harus kamu selidiki. Ada monster dan boss-nya juga yang harus kamu kalahkan. Selain itu, kamu bisa loot item yang bisa kamu temukan di dungeon itu, jadi gak sepenuhnya crafting aja. Untuk combat system, Craftopia memiliki pertarungan dengan senjata maupun magic. Ada banyak skill tree juga yang bisa kamu upgrade agar kamu menjadi kuat untuk mengalahkan musuhmu.

Farming System di Craftopia


Selain itu, ada fitur lainnya seperti farming ala Harvest moon guys. Berkebun dan beternak hewan untuk memproduksi bahan pangan. Kemudian ada fitur pokemon juga loh! Jadi kamu bisa menangkap hewan atau bahkan beberapa monster untuk dijadikan peliharaan kamu!


Kesimpulan

Sebetulnya, genre RPG dan Sandbox sudah ada seperti Terraria. Namun, Terraria memiliki fitur 2D side-scrolling dengan grafis 8 bit retro. Mimin pun belum sempat selesai main Terraria karena begitu luasnya game tersebut. Sedangkan Craftopia ini memiliki open world, punya banyak banget fitur sandbox-nya dan ada juga fitur yang terdapat pada game lainnya!


Dengan segala fitur gameplay yang udah bisa dicoba di early-access, bagaimana misal udah jadi ya? Apakah game ini sangat menjanjikan di kedepannya nanti? Beri pendapatmu dikolom komentar ya! Jangan lupa share artikel ini dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Writer

Aldia Deponsa Judistira

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Balasan
    1. pastinya dong, game nya emang keren jadi memang keren ^^, oh iya stay tune terus yaa di artikel kami terima kasih

      Hapus