Ticker

6/recent/ticker-posts

Inilah, Manfaat Sholat Dhuha


JagadMedia - Assalamualaikum Wr Wb. Pernahkan kita melaksanakan shaat dhuha ? Apa itu shalat dhuha dan kapan waktu pemgerjaannya ? 

Shalat Dhuha adalah salah satu shalat sunnah yang waktu pengerjaannya pada waktu pagi hari. Sholat Dhuha menjadi salah satu ibadah sholat yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Kapan waktu melaksanakan Sholat Dhuha?? Waktu untuk melaksanakan shalat dhuha adalah antara pukul 07.00 pagi sampai dengan pukul 12.00 siang. Namun bilakah waktu yang paling baik untuk melaksanakan shalat dhuha. Waktu shalat dhuha disarankan ketika kita rasakan sinar matahari sudah mulai panas di kulit yaitu sekitar pukul 9.00 WIB.

Manfaat Sholat Dhuha


1. Dilancarkan Rezeki

Shalat dhuha memiliki manfaat salah satunya dapat melancarkan rezeki kita. Dalam sebuah riwayat dikisahkan bahwa Rasulullah bersabda :
“Allah berfirman bahwa jangan engkau meninggalkan empat rakaat shakat diawal siang (waktu Dhuha), karena itu akan mencukup akhir siang (HR Tarmizi).


2. Wajah Akan Terlihat Lebih Bercahaya

Manfaat rajin shalat dhuha dapat kita rasakan yakni wajah kita lebih bercahaya. Hal ini dikarenakan seseorang mukmin yang rajin melaksanakan shalat dhuha tentu juga melaksanakan shalat lima waktu. 


3. Menyehatkan Tubuh

Melaksanakan shalat dhuha juga dapat memiliki manfaat untuk menyehatkan persendiaan dalam tubuh, selain itu juga shalat dhuha yang laksanakan dengan ikhlas akan mendapatkan pahala bersedekah, yakni bersedekah terhadap persendian kita. Dalam sebuah hadis disebutkan pada waktu pagi hari diharuskan seluruh persendian kalian bersedekah.
Setiap bacaan dan ucapan mengajak kepada ketaatan dan melarang kemungkaran itu adalah sedekah dan itu bisa dicukupkan dengan melaksanakan shalat dhuha 2 (dua) rakaat (HR : Muslim)


4. Melancarkan Peredaran Darah 

Selain dapat menyehatkan tubuh, shalat dhuha juga dapat melancarkan peredaran darah. Saat seseorang sedang melaksanakan sholat dhuha dipagi hari, udara yang ia rasakan masih segar dan bebas dari polusi.

5. Dimudahkan Segala Urusan

Shalat dhuha juga memiliki banyak manfaat yaitu, untuk dipermudah segala urusannya. Sesorang yang rajin sholat dhuha akan merasakan segala urusannya akan dimudahkan oleh Allah SWT.
 Kepercayaan tentang manfaat ini akan kita rasakan apabila mengerjakan shalat dhuha dengan rajin dan ikhlas. Oleh sebab itu, mulai lah membiasakan shalat dhuha agar segala urusan dipermudah oleh Allah SWT.


Writer

Johan Arifin

Posting Komentar

0 Komentar