Ticker

6/recent/ticker-posts

Pentingnya Menjaga Lisan Dalam Islam

Halo temen-temen sekalian, bagaimana kabar kalian hari ini? Semoga kalian semua baik-baik saja dan selalu menjaga kesehatan dalam masa pandemi covid-19 ini, tetap mematuhi protocol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kali ini akan menjelaskan tentang bagaimana pentingnya menjaga lisan kita,sudah pada tau belum bagaimana cara menjaga lisan kita agar tidak asal mengucapkan? Yuk perhatikan penjelasan dibawah ini.


Lisan adalah tutur kata atau ucapan yang keluar dari mulut dan lidah kita. Mulut diberikan kepada manusia untuk berkomunikasi dengan yang lainnya,jika tidak ada lisan maka kita susah untuk berkomunikasi dengan yang lainnya.  Ada pepatah mengatakan mulutmu harimaumu, itu merupakan berbahaya apabila kita tidak menjaga lisan kita.  Pepatah lainnya adalah “lidah lebih tajam daripada pedang” artinya lisan merupakan karunia yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita untuk berbicara dan berkomunikasi, tetapi kebanyakan manusia susah menjaga lisannya. Dua pepatah tersebut mengartikan apabila kita harus menjaga lisan kita untuk berkomunikasi dengan yang lainnya,apabila tidak menjaga lisan,maka akan menimbulkan emosi,sakit hati,iri,dengki,dan penyakit hati yang menyebabkan permusuhan antar manusia. Ada suatu Hadist mengatakan : “Keselamatan manusia tergantung bagaimana menjaga lisannya” (Hadist Riwayat Al-Bukhori ) . Maka berhati-hatilah dalam menjaga lisan kita,karena lisan kita bisa menjerumuskan kedalam panasnya api neraka. Dan jangan kita mengucapkan yang membuat sakit hati orang lain,maupun itu bercanda sekalipun. Sebab di akhirat nanti semua ucapan kita dipertanggung jawabkan.


Suatu hari seseorang datang kepada Rasulullah SAW lalu berkata : “ Ya Rasulullah! Ada seorang perempuan yang rajin salatnya,puasanya,dan sedekahnya. Tetapi tidak bisa menjaga lisan terhadap tetangganya” Lalu Rasulullah SAW berkata “Sungguh ia adalah seorang ahli neraka” . Lalu seseorang tersebut berkata lagi “Tapi ada seorang laki-laki yang jarang solatnya,puasanya,sedekahnya tetapi ia tidak pernah menyakiti tetangganya” Rasulullah SAW menjawab “Sungguh ia adalah ahli surga” (HR.Muslim).

Ada beberapa keutamaan dalam menjaga lisan kita dalam islam, yaitu :

1. Memiliki kedudukan tinggi sebagai seorang muslim 
Keutamaan pertama dalam menjaga lisan sebagai orang muslim memiliki kedudukan tinggi dimata Allah SWT, karena terhindar dari dosa-dosa yang keluar dari lisan kita.
 
2. Dijanjikan surga
Ketika kita menjaga lisan dari ucapan buruk, maka dijanjikan surga oleh Allah SWT.
 
3. Dijauhkan dari api neraka Jahannam
Untuk pembicaraan yang tidak ada maslahatnya lebih baik diam saja, karena berbicara yang buruk dapat menyebabkan terjerumus kedalam api neraka Jahannam. 

4. Dijauhkan dari kebinasaan
Seseorang yang berbicara tanpa berfikir dan tidak dapat menjaga lisannya maka diakhirat akan dibinasakan (HR.Thirmidzi).

5. Terjauhi dari sifat muka dua
Sesungguhnya manusia yang tidak baik pada hari kiamat adalah yang bermuka dua.

6. Terhindar dari sifat kemunafikkan
Lebih baik kita diam tidak banyak berbicara, karena ketika kita mengaku diri kita beriman padahal tidak maka disitu sifat kemunafikkan kita muncul.

Nah sekian penjelasan mengenai bagaimana kita menjaga lisan kita,agar terhindar dari api neraka . Sampai sini temen-temen sudah paham kan, apa penyebab dari lisan kita yang tidak dijaga? Semoga kita semua dapat menjaga lisan kita untuk tidak menyakiti hati orang lain dan tidak menyebabkan permusuhan dengan yang lainnya ya sobat jagad!


 

 

Posting Komentar

0 Komentar