Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk Simak Apa Saja Kekurangan Dan Kelebihan Dari Aplikasi CorelDraw


JagadMedia – Halo JagadReader! Balik lagi bersama admin terkece tersuper terhits seJagadMedia. Kali ini admin akan membahas beberapa kekurangan dan kelebihan dari aplikasi CorelDraw. Kalian pastinya udah pada tau kan dengan aplikasi editing yang satu ini? Aplikasi editing grafik vektor ini berasal dari negara Kanada yang berada dibawah naungan Corel Corporation. Yaudahlah yuk, kita langsung aja bahas tentang aplikasi editing vektor ini!

CorelDraw merupakan salah satu aplikasi editing grafik vektor yang sangat terkenal dikalangannya. Aplikasi ini umumnya digunakan untuk membuat sebuah desain logo dan berbagai macam desain 2 dimensi lainnya. Simak beberapa kelebihan dan kekurangan dari aplikasi ini.


Kekurangan

1.  Komposisi Warna

Meskipun CorelDraw memiliki kode warna dan palet warna seperti aplikasi editing pada umumnya, namun tetap terdapat kekurangan yang dimiliki aplikasi ini. File yang telah di export bahkan dicetak akan mengalami perubahan warna. Walaupun tidak signifikan, namun jika diperhatikan lebih seksama, warna yang terdapat pada file yang telah diexport akan mengalami perubahan. Fitur RGB dan CMYK yang dimiliki aplikasi ini tidak memiliki peran yang begitu besar dikarenakan konsistensi yang dimiliki aplikasi ini dalam bidak warna masih kurang dan perlu dikembangkan.

2.  Memanipulasi Gambar / Bitmap

CorelDraw juga menyuguhkan beberapa fitur efek/filter yang dapat digunakan untuk mengedit sebuah file bitmap. Namun sangat tidak disarankan untuk mengedit sebuah gambar menggunakan aplikasi ini, yang mana CorelDraw ini merupakan aplikasi berbasis grafik vektor.

3.  Kompatibilitas

Sama seperti aplikasi-aplikasi pada umumnya. CorelDraw selalu mengalami perkembangan versi dari waktu ke waktu. Namun sangat disayangkan, karena jika pengguna menyimpan file .cdr pada versi terbarunya. Maka pengguna tidak dapat membuka atau menggunakannya di aplikasi CorelDraw yang memiliki versi yang lebih rendah dari versi file yang telah disimpan.


Kelebihan

1.  Spesialis Desain Vektor

Sesuai dengan kegunaannya, CorelDraw sangat cocok untuk digunakan dalam pembuatan desain-desain grafis seperti vektor, logo dan desain 2 dimensi lainnya. Selain memiliki tools yang dimiliki sangat mudah untuk dipahami, CorelDraw juga memiliki tools tracing seperti Bezier yang dapat menghasilkan detailing yang akurat dalam menghasilkan garis, sudut serta lengkungan untuk membuat sebuah objek.

2.  Hasil Grafik Yang Sangat Baik

Sebagai aplikasi berbasis grafik vektor, CorelDraw tidak dapat diragukan lagi dalam menghasilkan kualitas grafik dengan resolusi yang sangat tinggi atau yang biasa disebut High Definition (HD).

3.  Format Export dan Import Yang Beragam

CorelDraw menyediakan format penyimpanan yang sangat banyak. Mulai dari yang paling umum seperti JPG, PNG hingga PDF.

4.  Tersedia Banyak Tools

CorelDraw juga menyediakan banyak tools atau alat-alat yang dapat dioperasikan untuk membuat sebuah objek 2 dimensi yang sesuai dengan apa yang ingin pengguna buat.

5.  Mudah Untuk Dioperasikan

Salah satu point terpenting dalam sebuah aplikasi editing adalah mudah untuk dioperasikan. Ya, CorelDraw sangat mudah untuk digunakan, selain aplikasi yang kompleks. CorelDraw tidak sulit untuk digunakan, apalagi untuk pengguna yang baru terjun kedalam editing grafik desain. 


Gimana JagadReader? Tertarik untuk menggunakan aplikasi editing grafis ini ga? Admin sangat merekomendasikan untuk kalian yang ingin mencoba terjun kedalam bidang desain grafis. Selain memiliki tools yang mudah dipahami, CorelDraw juga tidak ribet kok untuk digunain. Yuk, mulai membuat karya-karya kreatif kalian! Tapi inget yaa, jangan coba-coba untuk menjiplak karya orang lain yah. Hehehe . . .


Posting Komentar

0 Komentar