Ticker

6/recent/ticker-posts

Kamu Harus Tahu! Inilah Hukumnya Dalam Islam Kalau Membaca Al-Quran Dalam Hati

Assalamualaikum wr wb, gimana nih kabar nya semoga masih pada sehat terus ya, Aamiin. Oh iya cuman mau ngingetin aja buat jangan lupa ya ngeluangin waktu untuk baca Al-Quran, Nah pas banget nih karena lagi ngomongin alquran, gimana baca alquran nya masih pada jalan terus kan, kalian semua pasti pernah atau sering baca Al-Quran, tapi kalo baca nya itu dalam hati atau tidak mengeluarkan suara pernah juga dong, nah dalam islam itu gimana sih hukumnya kalo membaca Al-Quran tapi di dalam hati. Yuk kita liat.

 

Al-Quran

Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi manusia hingga akhir zaman, jika manusia selalu membaca dan mengamalkan setiap kandungan ayat – ayat yang ada dalam Al-Quran maka Allah SWT telah mejanjikan bahwa bagi manusia yang membaca dan mengamalkan maka kehidupan nya akan selalu mendapatkan kelapangan dan terjebak dari kesesatan.

 

Membaca dalam hati

Menurut para ulama, kita dalam membaca al quran harus menggerakan lisan atau bibir, hal ini sama seperti saat kita sedang melakukan shalat ataupun dzikir, karena seperti namanya yaitu membaca maka dalam membaca Al-Quran berarti harus ada Gerakan bibir dan ada suara yang keluar dimana minimal bisa terdengar oleh diri sendiri.

Jadi sebenarnya jika kita membaca Al-Quran dalam hati maka kita tidak akan mendapatkan yang namanya pahala membaca Al-Quran, ada istilah lain yang disebut tadabur atau tafakkur Al-Quran yaitu merupakan kegiatan mendalami dan merenungkan isi dari Al-Quran dimana ini termasuk juga dzikir hati,

 

Itu dia hukum nya bagaimana jika membaca Al-Quran dalam hati, memang tidak anjurkan untuk membaca Al-Quran dalam hati karena kita tidak akan mendapat pahala membacanya tapi jika kondisinya takut atau khawatir mengganggu orang yang ada disekitar maka membaca  dalam hati bisa dilakukan, wallahu’alam, semoga dengan membaca artikel membuat kita semakin paham kedepan nya, wassalamualaikum wr wb.

Posting Komentar

0 Komentar