Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! 4 Tips Membuat Flat Design

Kalian tau ga sih apa itu Flat Desain? Flat design adalah gaya minimalistic modern  user interface, yang menggunakan elemen minimum dan mengecualikan semua jenis warna kompleks, gradien, sorotan, dan efek berkilau, bertekstur, dan berbayang lainnya. Intinya desain yang dibuat menggunakan unsur minimalis dan dua dimensi. 
Nah kali ini kita kan bahas tips saat membuat Flat desain

1. Buat Sesimple/Sesederhana Mungkin
    Flat Desain mempunyai sebutan tersebut karena tidak adanya elemen dan efek tiga dimensi, seperti gradien, tekstur, sorotan, nada tambahan, dan bayangan. Gayanya yang datar adalah cara visualisasi objek dua dimensi. Selain itu, objek kompleks cenderung sangat disederhanakan dan disesuaikan dengan gaya dua dimesi. Kadang hanya menggambarkan siluet atau garis luar yang membuat objek sebenarnya dapat dikenali, dengan detai yang sederhana.

sumber: freepik


2. Gunakan Warna yang sedang Trend
    Salah satu fitur paling menonjol dari Flat Desain selain bentuk, adalah penggunaan warna. Warna yang digunakan untuk membuat desain ini kebanyakan menggunakan warna dasar yang sering kita gunakan pula. Warna-warna cerah, berani, bersemangat, dan jenuh sangat penting untuk desain datar. Skema warna dalam Flat desain tidak terbatas pada beberapa warna tertentu. Ini mencakup berbagai corak dan tergantung pada apa yang Akan di gambarkan.
sumber: freepik

3. Gunakan Bayangan Yang Panjang
    Seperti yang sudah diketahui, Flat desain cenderung sederhana. itulah sebabnya ia menolak menggunakan berbagai jenis efek. Namun, ada satu efek yang muncul dari desain datar. Itu menjadi tren dan salah satu fitur penting. Yang dimaksud adalah efek bayangan panjang. Ini memiliki beberapa karakteristik khas yang membuat efek ini dapat dikenali. Dimana efek ini memiliki sudut 45 derajat dan ukuran besar (bayangan harus memiliki panjang sekitar dua kali objek). Hasilnya, bayangan panjang benar-benar menghadirkan kedalaman lebih pada desain datar.
sumber: freepik


4. Gunkaan Fonts
    Tipografi memainkan peran besar dalam menmbuat Flat Desain. Sering kali, teks menjadi elemen utama komposisi, sementara elemen gaya datar tidak dirasa mengganggu seseorang yang melihatnya. Tipografi sederhana biasanya digunakan dalam desain datar, membuat keseluruhan bagian desain terlihat bersih, simple dan mudah dibaca. Kebanyakan desain dengan gaya datar cenderung menggunakan huruf besar dan warna kontras, membuat teks terlihat lebih terbaca.

Bagaimana tertarik untuk membuat Flat Desain? Semoga tips ini bisa membantušŸ˜Š

Posting Komentar

0 Komentar