Ticker

6/recent/ticker-posts

Pusing Banget Mengatasi Blue Screen?


 JagadMedia - Laptop atau Komputer sangat dibutuhkan di zaman modern seperti ini, apalagi adanya work from home menjadikan laptop atau komputer menjadi keharusan. Terkadang beberapa sering mengalami kerusakan karena terlalu memaksakan dan sering melakukan aktifitas berat. Masalah paling umum yang sering dijumpai adalah Blue Screen. Kalau sudah terjadi, pada umumnya laptop atau komputer tiba-tiba melakukan restart sendiri dan tidak bisa dipakai.

Blue Screen atau pada umumnya Blue Screen of Death disingkat menjadi BSoD terjadi ketika sistem operasi Windows yang kamu gunakan mengalami permasalahan atau kerusakan, sehingga sistem operasi terpaksa dihentikan.

Banyak orang yang masih tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika terjadi Blue Screen dan bagaimana cara mengatasinya. Berikut penyebab terjadinya Blue Screen yang akan admin jelaskan.

1. Driver Tidak Kompatibel

Penyebab dari Blue Screen seperti ini pada umumnya akan meninggalkan pesan "IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL" dan kode "0X0000000A" atau pesan "VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE". Penyebab terjadinya seperti ini karena sistem operasi tidak mendeteksi atau driver yang kamu miliki tidak cocok.

Solusi: Pastikan kamu menginstall driver hardware yang paling baru, lalu pastikan kembali bahwa komponennya sudah terpasang dengan benar.

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Penyebab Blue Screen yang terjadi seperti ini dikarenakan adanya kerusakan di partisi atau file system yang kamu miliki. Terkadang bukan hanya terjadi pada Hardisk.

Solusi: Periksa kembali kabel SATA/IDE hardisk yang terpasang dengan benar, lalu coba cek partisi dengan chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Penyebab seperti ini akan sering terjadi jika kamu sering memaksakan laptop atau komputer kamu, seperti:

- Overheat

- Overclocking yang berlebihan

- BIOS Error

- Prosesor yang corrupt

Solusi: Matikan laptop atau komputer kamu, cek apakah sistem pendingin seperti fan atau kipas bekerja dengan benar. Jika bermasalah coba kamu tambahkan komponen pendingin.

4. DATA_BUS_ERROR

Penyebab seperti ini terjadi ketika slot atau memory (RAM) mengalami kerusakan.

Solusi: Periksa RAM yang kamu gunakan sudah terpasang dengan benar atau belum. Jika masalah belum selesai mungkin kamu harus coba mengganti RAM kamu.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Penyebab ini sering terjadi pada laptop, ini terjadi karena kerusakan pada hardware, pada umumnya memory (RAM), VGA, dan memori prosesor (L2 cache).

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Penyebab ini disebabkan karena posisi jumper pada HDD yang salah, lalu bisa terjadi juga karena Driver IDE controler yang salah dan Virus Boot sector.

Solusi: Periksa kembali kabel IDE, bersihkan virus yang terdapat pada boot sector dan atur jumper pada HDD.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Penyebab ini juga sering terjadi pada laptop karena mengalami kesalahan pada instalasi VGA yang kamu gunakan.

Solusi: Instal kembali versi Driver yang kamu gunakan dengan versi terbaru. Kamu dapat melakukannya dengan mengecek VGA yang kamu gunakan pada websitenya masing-masing.

Berikut diatas adalah beberapa masalah Blue Screen yang admin ketahui, sekarang admin akan membahas beberapa cara untuk mengatasinya.

1. System Restore

Blue Screen yang baru saja terjadi pada laptop atau komputer kamu, sebaiknya kamu menggunakan fitur System Restore untuk segera mengatasinya. System Restore akan membuat laptop atau komputer kamu kembali seperti keadaan sebelumnya. Jika System Restore yang kamu lakukan berhasil, maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena komponen hardware yang rusak.

2. Scan Malware

Malware yang masuk kedalam sistem Windows apalagi sampai ke kernel Windows merupakan titik lemah yang terdapat pada Windows, Malware dapat menyebabkan tidak stabil pada sistem. Untuk mengatasinya kamu harus menscan Malware tersebut menggunakan antivirus.

3. Install Update Driver

Sebuah Driver yang kamu gunakan atau ketika kamu salah instal driver akan mengakibatkan crash pada sistem Windows. Cara mengatasinya dengan download driver yang paling terbaru dari brand laptop kamu.

4. Boot Safe Mode

Jika laptop atau komputer tidak bisa booting, maka kamu harus mencoba booting ke safe mode. Pada safe mode, Windows hanya akan menggunakan driver-driver yang penting. Jadi kamu akan mengetahui driver-driver mana yang mengalami kerusakan dan kamu dapat meng-uninstalnya.

5. Komponen Hardware

Blue Screen juga dapat terjadi jika adanya kegagalan hardware. Caranya dengan mengetikkan Memory Diagonistics Tool pada Start Menu. Masalah ini juga dapat terjadi jika laptop atau komputer kamu mengalami suhu yang tinggi.

6. Install Ulang Windows

Jika hal-hal diatas tidak membantu, pilihan terakhir yang paling bisa kamu gunakan adalah dengan menginstall ulang Windows kamu. Dengan ini, sistem akan kembali ke fresh start dan tidak ada kerusakan. Namun jika kamu tetap mengalami kerusakan makan permasalahannya berada di hardware.

Berikut adalah permasalahan yang terjadi ketika Blue Screen dan beberapa cara untuk mengatasinya. Gimana nih Jagadians? Masih bingung untuk memecahkan masalah Blue Screen? Jika ada yang kurang jelas, tanyakan di kolom komentar ya!



 

 

Posting Komentar

0 Komentar