Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk! Mengenal 3 Makanan khas Garut yang selalu jadi favorit untuk oleh-oleh


Kota Garut yang sangat di kenal dengan Kota Dodol / Suaramerdeka.com

Selain akan indahnya kota Garut, banyaknya tempat wisata yang bisa di kunjungi, makanan khas Garut pun tak jauh terkenal loh, dan pengunjung dari luar kota biasanya akan membawa makanan tersebut sebagai oleh-oleh baik untuk keluarganya, saudara, ataupun tetangganya. Apa saja sih makanan khas Garut yang selalu jadi favorit untuk oleh-oleh. 


Dodol

Dodol memang menjadi makanan dan oleh-oleh yang paling terkenal di Garut, bahkan kini sudah banyak variasi dari dodol tersebut. Dodol termasuk makanan yang manis dan lezat. Pada situs resmi (garut kan.go.id) dodol mulai menjadi sebuah industri pada tahun 1926 oleh seorang pengusaha yang bernama ibu Karsinah. Jadi pada saat teman sejagad pergi berkunjung jangan kaget jika sepanjang jalan pasti ada toko-toko yang menjual dodol dimana-mana. 

Dodol Garut / Rumahmesin.com


Burayot

Burayot atau ngaburayot yang artinya bergelantungan, selain di jual belikan untuk oleh-oleh, burayot biasa juga di hidangkan pada saat menjelang hari lebaran. Bentuknya yang bulat lonjong, tapi agak keriput dan warnanya kecoklatan. Burayot dibuat dengan tepung beras, gula merah dan santan. 

Burayot / cookpad.com


Endog lewo

Nama lain dari Endog lewo adalah emplod, dibuat dari singkong sejenis dengan combro dan guik yang sama dibuat dari singkong, seperti namanya Endog lewo karena bentuk makanan nya yang bulat seperti endog, orang sunda menyebut endog adalah telur dalam bahasa Indonesia. Makanan ini berasal dari daerah Kampung lewo kecamatan Malambong, Garut. Terkenal pada awal tahun 1890-an oleh Bpk H. Amin yang awalnya hanya memanfaatkan singkong yang tak terserap oleh pabrik tapioka.

Endog Lewo / Jabarnews.com

Itulah beberapa makanan khas Garut yang selalu jadi fav untuk oleh-oleh, jika temen sejagad tau makanan khas Garut yang lainnya bisa komen disini ya. 

Posting Komentar

0 Komentar