Ticker

6/recent/ticker-posts

Ini Dia! Kuliner Kalimantan Barat

 


1. Mie Sagu
Mie Sagu ini berasal dari Pontianak, asal makanan ini merupakan hidangan masyakat melayu. Seiring berkembangnya zaman dan menyebarnya masyarakay melaui ke penjuru dunia menjadi kan mie sagu sendiri hidangan di Pontianak, mie sagu khas Pontianak. Ciri khas mie sagu Pontianak adalah bumbu yang terletak pada tambahan kacang serta potongan daun kucai. Mie sagu Pontianak memiliki khas tersendiri yaitu bahan asli tidak impor sehingga asli mie sagu yang memiliki cita rasa yang sangat terasa.


2. Sotong Pangkong
Sokong Pangkong merupakan makanan khas dari Pontianak juga untuk lauk pauk berbuka puasa. Makanan ini adalah seafood yang terbilang unik dengan berbeda cara mengolahnya. Untuk menyantap makanan ini tidak perlu memakai nasi, cukup disantap begitu saja layaknya cemilan. Makanan ini sekilas terlihat seperti cumi tetapi berbeda. Tubuh sotong cenderung pipih, sementara cumi tubuhnya lunak berbentuk silinder. Cangkang atau tulang didalam sotong juga lebih keras dan berbentuk pipih sedangkan cumi lebih lunak berbentuk tangkai. Sotong pangkong ini digunakan yang sudah dikeringkan. Pembuatan sotong pangkong ini sangat sederhana, hanya dipanggang sebentar lalu di pukul-pukul menggunakan palu hingga pipih dan serat-serat dagingnya terpisah.
Sotong pangkong dihidangkan dengan bumbu macam-macam karena sudah dipanggang menjadikan rasa gurih alami. Biasanya disajikan dengan bumbu sambal kacang dan kuah asam pedas.



3. Bingka
Makanan yang satu ini adalah makanan khas Banjar. Biasanya kue ini sering ditemukan pada saat bulan Ramadan sebagai menu berbuka. Teksturnya tergolong lembut. Pada kue yang satu ini memiliki keunikannya sendiri yaitu adanya pemberian kuah. Kuah itu sendiri terbuat dari air gula. Tak heran rasa dari bingka cenderung manis, cocok untuk disantap saat berbuka puasa









Posting Komentar

0 Komentar