Ticker

6/recent/ticker-posts

Inilah! Keutamaan Dalam Maulid Nabi

(https://palu.tribunnews.com/2021/10/19/hukum-dan-keutamaan-memperingati-maulid-nabi-muhammad-saw-lengkap-bacaan-salawat-nabi)

 JagadMedia - Maulid Nabi merupakan hari dimana kita memperingati hari kelahiran Nabi besar umat muslim yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul  Awwal. Keutamaan yang dapat kita petik dari memperingati Maulid Nabi salah satu nya yaitu, Bersyukur atas kehadiran Beliau yang menuntun umat manusia ke jalan yang lebih baik. Adapun Hukum memperingati Maulid Nabi yaitu Mubah yang artinya berpahala jika di kerjakan dan tidak mendapatkan dosa bila di tinggalkan, Allah SWT mengungkapkanknya dalam surah Al-Ahzab Ayat 56. Dalam kehidupan Rasulullah SAW dapat kita ambil hikmah yaitu sauri tauladan Beliau yang begitu bagus sehingga umat muslim menjadikan contoh yang baik kepada anak-anak. Beberapa keutamaan yang dapat kita ambil.

1.Tholabul Ilmi

Dalam memperingati Maulid tentu tidak lepas dari yang Namanya Tholabul ilmi karena disini kita dapat mempelajari semua tentang Beliau dan Rasulullah mengajurkan kita untuk selalu menimba ilmu karena ilmu tidak akan hilang hingga akhir hayat kita.

2.Syukur 

Syukur atas kehadiran beliau yang membawa kita kejalan yang lebih baik dan mengenal Tuhan kita sebenarnya. Kehadirannya membawa keberkahaan yang mulia dan semua terekank baik dalam Al-Qur’an dan Hadits sunnah.

3.Memuji

Memuji dan memuliakan Nabi Muhammad karena tanpa beliau kita masih terjebak di jaman Jahilliyah. Allah SWT dalam hadits Qudsi: “Kalau bukan karena kamu Muhammad, Aku tidak menciptakan alam raya”, bahkan Allah SWT itu menyatakan pentingnya sosok Nabi Muhammad SAW sebagai figur umat manusia. 

4.Teladan

Keutamaan dalam Maulid Nabi yaitu teladan Beliau, cara yang baik dan benar untuk bertakwa kepada Allah SWT. Sosok yang baik dan penyayang kepada keluarga , pemimpin yang baik dan bijak, serta guru yang adil.

Bagaimana tanggapan kalian tentang Keutamaan Maulid Nabi ? yuk komen dibawah yaa! 


Posting Komentar

0 Komentar