Ticker

6/recent/ticker-posts

Keren! Peran Universitas Padjadjaran untuk SDGs Indonesia


 
    Sejak pelaksanaan SDGs pada tahun 2015, Indonesia telah memiliki landasan hukum untuk melaksanakan SDGs dengan partisipasi berbagai pihak, seperti masyarakat sipil, pemerintah, perguruan tinggi dan lain-lain. Universitas memainkan peran penting dalam SDGs mulai dari penetapan agenda hingga implementasi melalui keterampilan akademik mereka.


    Dalam rangka memperkuat partisipasi perguruan tinggi dalam pelaksanaan dan pencapaian SDGs, INFID melaksanakan karya lokal yang menghadirkan perguruan tinggi dari 10 wilayah Indonesia di  Green Host Hotel Yogyakarta. Partisipasi perguruan tinggi diharapkan dapat mempercepat implementasi dan penyampaian SDGs di 10 kabupaten/kota yang bersama masyarakat sipil berkeadilan gender, inklusif dan transformatif. 


    Pada kesempatan ini, Dr. Zuzy Anna selaku Direktur Eksekutif SDG Center Universitas Padjadjaran menyampaikan  prinsip dan pilar penting pemantauan SDG dengan menyampaikan perkembangan penelitian pemantauan SDG yang  dilakukan oleh SDG Center Universitas Padjadjaran , termasuk studi dasar SDGs nasional dan regional, pemantauan berbasis input, Studi dan juga pemantauan SDGs lokal dengan tolok ukur global.


    Dalam diskusi, peserta lokal  menyadari bahwa ada tiga hal penting yang harus dihasilkan perguruan tinggi untuk mencapai SDGs di Indonesia melalui kegiatan ini, yaitu (1). Memetakan area atau aspek yang perlu didukung oleh SDGs universitas untuk mendukung implementasi dan pencapaian SDGs (2). Penyusunan rencana aksi universitas di daerah dan bentuk kerjasama dan kolaborasi dengan kelompok masyarakat sipil di 10 kabupaten/kota, (3). Mengidentifikasi kebutuhan dan bentuk dukungan yang dibutuhkan perguruan tinggi untuk mendukung implementasi dan pencapaian SDGs pada tahun 2030.

Posting Komentar

0 Komentar