Ticker

6/recent/ticker-posts

kisah inspiratif UKM: hanya bermodalkan kemampuan dan kemauan?perjuangan seorang ibu dua anak demi memperbaiki perekonomian keluarga?


Salah seorang pelaku UKM ingin berbagi kisah-kisah inspiratif nya nihh dengan kita!. seorang pengusaha mikro yang berjuang demi memperbaiki perekonomian keluarganya. membantu suaminya yang terkena dampak dari pandemik. wanita kuat nan tangguh ini! penasaran dengan kisahnya?



Bu ai, seorang ibu rumah tangga dengan dua anak yang ingin mempunyai penghasilan sendiri, selain itu bu ai ingin sekali membantu perekonomian keluarganya yang redup di era pandemi ini. Dengan latar belakang pendidikan di bangku SMP (sekolah menengah pertama). Awalnya bu ai merasa sangat tidak percaya diri dengan bermodalkan hanya ijazah SMP yang beliau miliki untuk melamar kerja ke sana-kemari. Akan tetapi Bu ai sangat yakin bahwa dengan bermodalkan kemampuan dan kemauannya, untuk mencoba berinovasi dengan memanfaatkan gadget dan media sosial.

Merintis mulai dari membuka olshop, makanan seperti cemilan dan juga bisnis MLM. "yaa saya menghasilkan uang sendiri dengan buka olshop, membuat makanan, cemilan kayak basreng pedas gitu dan varian rasa lainnya yang dipasarkan melalui offline maupun online. Via offline, yaa..biasanya diasongkan ke warung-warung eceran, kalau via online biasanya melalui media sosial seperti WhatsApp dan ditawar-tawarin ke teman dan tetangganya. Saya juga mengikuti bisnis MLM yang masih dijalani sampai sekarang, itupun dengan keterbatasan saya, saya sebenarnya gaptek tapi saya ingin terus belajar dan belajar. kadang juga saya merasa down dengan bisnis yang saya jalani sampai sekarang cuma begitu-begitu aja, belum ada kemajuan
malah modal habis udah mah produk ga ada ya begitulah..".

Bu ai juga sempat berpikir untuk melamar kerja ke sana-kemari, namun bingung dengan pekerjaan yang diminati. "tapi bingung mau kerja apa? saya juga berpikir, kalau saya kerja siapa yang ngurus anak anak saya? Apalagi anak saya masih pada kecil-kecil, terus suami udah setahun ini ga kerja juga gara2 si Kopit lahh,di PHK dari kerjaannya, keuangan juga ga stabil, ngutang sana-sini. Akhirnya saya baca-baca di sosial media, di grup-grup bisnis ada iklan franchise jualan minuman yang kekinian yang lagi viral itu (cokelat kocok with boba). Dari sana, saya coba hubungin kontak yang tertera dan nanya-nanya gimana sistemnya terus nanti resep-resep nya diajarin ga? dan akhirnya saya memutuskan untuk gabung dan sekarang jualan saya udah mau 1 bulan lebih. Awal-awal Alhamdulillah laris laku tapi makin kesini makin sepi pembeli gatau faktor apa,atau mungkin faktor cuaca yang hujan terus apa mungkin dari faktor kualitas rasa jadi pembeli mundur. Tapi saya ga akan nyerah gitu aja dengan terus memperbaiki kualitas rasa dan terus promosi online-offline mudah-mudahan dengan bisnis yang saya jalani sekarang bisa ada kemajuan dan bisa merubah kondisi ekonomi keluarga saya saat ini".

Dengan cerita rintisan, disrupsi pandemi juga sifat yang tidak pantang menyerahnya. Kita bisa jadikan ini sebagai motivasi kita untuk terus berjuang sampai titik kesuksesan.

" HIDUP ADALAH PERJUANGAN maka selama kita masih hidup teruslah berjuang untuk
menggapai mimpi-mimpi, jangan pernah takut untuk bermimpi selama kita berusaha dan
berdoa" - Ai solihat.



 

Posting Komentar

0 Komentar