Ticker

6/recent/ticker-posts

Iniloh! Tentang Tingkatan Najis Dalam Islam

(https://www.harapanrakyat.com/2021/07/cara-membersihkan-najis/)

 JagadMedia - Sebagai umat muslim yang memiliki akal tentu apabila hendak beribadah harus bersih dari yang namanya najis dan kotoran yang menempel pada tubuh kita. Najis sendiri adalah kotor yang dapat menghalangi kita dalam melaksanakan ibadah, maka dari itu sebelum kita beribadah harus membersihkan diri dari segala najis yang menempel pada tubuh. Salah satu cara untuk membersihkan yaitu itu dengan berwudhu yang dapat membersihkan najis ringan, Najis sendiri memiliki kategori yang berbeda seperti najis ringan, berat dan yang lainnya. 

1. Najis Mughallazhah atau Najis Berat

Najis jenis ini sangat lah berat bagi kita dan dalam islam termasuk najis tingkatan tertinggi karena membutuhkan perlakuan khusus dalam membersihkannya. Contohnya yaitu, air liur anjing yang menyentuh bagian tubuh dengan sengaja maupun tidak. Cara membersihkannya dengan menggunakan tanah pada langkah pertama kemudian dilanjutkan dengan menggunakan air sebanyak 6 kali.

2. Najis Mutawassithah atau Najis Sedang 

Najis jenis ini memiliki tingkatan yang sedang salah satu contoh sederhannya yaitu,kotoran manusia, darah haid, air mani, minuman keras  dan lain sebagainya. Cara membersihkan najis ini dengan menyiram, mencuci dan menyikat dengan menggunakan sabun dan alat pembersih.

3. Najis Mukhaffafah atau Najis Ringan

Najis tingkat ini sangat ringan contoh paling sederhannya adalah air kencing bayi laki-laki yang belum berusia 2 tahun dan tidak mengkonsumsi makanan lain selain ASI. Cara membersihkannya dengan memercikkan air satu kali pada bagian yang terkena najis.

Bagaimana sudah tahukan tentang tingkatan najis dalam pandangan islam. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk komen dibawah ya.


Posting Komentar

0 Komentar