Ticker

6/recent/ticker-posts

Enak Banget Loh! Makanan Khas NTT Harus Dicoba

 


JagadMedia - Hallo Sobat Jagadians! Nusa Tenggara Timur bagian Timur Indonesia yang memiliki keindahan alam, tempat wista dan budaya yang keindahan sangat memukau. Selain budaya dan keindahan alamnya, Makanan khas NTT juga harus kamu coba ketika berkunjung kesana selain enak-enak makanan khas NTT cukup sulit di temukan di daerah lainnya. Apa aja sih makanan yang harus dicoba yuk kita simak apa aja makanan khas NTT.

            1. Jagung Bose

(http://asset-a.grid.id/crop/0x0:0x0/x/photo/2018/08/26/2031689006.jpg)

 

Jagung Bose adalah makanan khas NTT yang digunakan sebagai pengganti nasi. Terdiri dari jagung dan kacang-kacangan yang di masak dengan santan. Variasi makanan khas NTT yang enak ini dapat di sesuaikan dengan selera masing-masing. Jagung Bose juga biasanya disajikan dengan lauk daging ayam atau sapi, daging ini dapat dicampurkan ataupun dipisah dan di jadikan topping.

            2. Sambal Teri NTT

(https://www.piknikdong.com/wp-content/uploads/2020/12/Resep-Sambal-Teri.jpg)

 

Sambal Teri adalah sambal khas NTT karena populer banyak daerah yang mengadopsi sambal ini. Pada jaman sekarang bisa di temui dibanyak tempat di seluruh Indonesia. Cara membuatnya yaitu campur cabe rawit dan cabe merah lalu di ulek dengan tomat, bawang putih, bawang merah, Kemudian tumis dengan ikan teri setelah matang angkat dan tiriskan tidak lupa tambahkan perasan jeruk nipis diatasnya.


            3. Rumpu Rampe


(https://i.ytimg.com/vi/htizv3VDFk4/maxresdefault.jpg)

 

Rumpu Rampe adalah makanan khas NTT yang enak berupa tumisan yang di campur-campur antara daun dengan bunga papaya. Tumisan ini biasanya disajikan sebagai hidangan sayur favorit. Biasanya makanan ini di tumis bersamaan dengan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit serta di tambah dengan rempah-rempah. 


            4. Kolo


(https://labuanbajotour.com/wp-content/uploads/2021/06/Kolo-Khas-Labuan-Bajo.jpg)

 

Kolo adalah beras yang sudah dicampur dengan bumbu khas NTT kemudian dimasak di dalam bambu lalu dibakar. Setelah matang kolo di keluarkan dari bambu dan digulung dengan daun sebagai bungkusan. Kolo biasanya di sajikan pada acara-acara adat dan disantap dengan sayur maupun lauk.


            5. Catemak Jagung


(https://merahputih.com/media/35/c9/83/35c9830f4251a936dbd55d04b78da4e5.jpg)

 

Catemak Jagung berbahan dasar jagung, labu lilin, kacang hijau, atau sayur-sayuran lainnya. Bahan-bahan tersebut kemudain di rebus dengan air lalu di bumbui dengan garam dan bumbu penyedap. Catemak jagung memiliki rasa asin dan gurih, Biasanya catemak ini jagung ini dimakan sebagai hidangan penutup.


            6. Sei Daging Asap


(https://www.adira.co.id/sahabatlokal/img/frontend/news/2B741EBF65074E70A951616243E0C79Cjpg.jpg)

 

Sei Daging Asap ini adalah daging yang dipotong memanjang. Yang membedakan Sei ini adalah penggunaan arang dan kayu tanaman kosambi yang akan memberikan aroma serta sensasi berbeda.


            7. Aka Bilan


(http://media.suara.com/pictures/653x366/2017/05/11/28695-aka-bilan.jpg)

 

Aka Bilan adalah makanan khas NTT yang terbuat dari sagu, kelapa parut, kacang hijau, dan sedikit garam. Meski tidak memakai gula Aka Bilan memiliki rasa manis dari campuran kelapa. Biasanya dapat di nikmat jika disantap bersama kopi atau teh.


            8. Ikan Kuah Asam


(https://media.beritagar.id/2016-10/thumbnail_640/wd/85027cc1f53e90ccda7af645e34efada.jpg)

 

Ikan Kuah Asam makanan khas kupang yang mirip dengan sup ikan yang ada di berbagai daerah. Namun bedanya ikan kuah asam lebih didominasi rasa asam yang menyegarkan sekaligus gurih ikan yang menggoda. Ikan kuah asam berbahan dasar ikan karang yang segar hasil tangkapan nelayan. Ada juga yang menambahkan potongan wortel dan kentang sebagai pelengkap.

 

Nah, jagadians itu dia makanan khas Nusa Tenggara Timur yang bisa kamu jadiin referensi kalau kamu berkunjung ke ke NTT. Mana makanan yang paling kamu mau coba? Komen di bawah ya.


















Posting Komentar

0 Komentar