Ticker

6/recent/ticker-posts

Inilah! Keutamaan Aqiqah Dalam Islam

(https://sentraaqiqah.com/pengertian-dan-manfaat-aqiqah-untuk-sang-buah-hati-dan-orang-tuanya/)

 JagadMedia - Dalam islam tentu jika kita memiliki anak yang baru lahir dianjurkan untuk melakukan yang Namanya aqiqah. Aqiqah sendiri memiliki arti memotong, tentu yang dipotong adalah leher kambing, aqiqah sendiri merupakan tradisi orang arab yang menyembelih kambing pada hari ketujuh kelahiran anak dan melumuri bayi laki-laki dengan darah kambing tersebut. Kemudian Nabi menetapkan kebiasaan itu dan menganjurkan untuk dilakukan oleh umat muslim, dan menjadikan salah satu acara sosial serta melarang perbuatan bid’ah dalam aqiqah. Dalam aqiqah sendiri untuk seorang anak laki-laki harus menyembelih dua ekor kambing yang sama ukurannya (umur) dan untuk anak perempuan hanya satu ekor kambing saja. Aqiqah sendiri memiliki keutamaan yang salah satunya adalah sebagai pembersih dari dosa atau kesalahan orangtuanya dalam berhubungan intim tidak membaca basmalah sehingga diganggu setan, namun jika orangtuanya membaca basmalah tidak akan membahayakan anaknya. Kesimpulan tentang keutamaan aqiqah : 

1. Mendapatkan pahala karena menjalakan sunnah Rasul 

Tentu saja jika kita melaksanakan salah satu sunnah Rasul pasti akan mendapatkan pahala dan membuktikan bahwa kita mencintai Nabi Muhammad dan islam.

2. Menghilangkan  kotoran dan penyakit

Dalam pelaksanaan aqiqah di sertai dengan mencukur rambut bayi dengan niat menghilangkan kotoran dan penyakit.

3. Meningkatkan ibadah kepada Allah

Membaca al-quran 30 jus atau membaca yasin dan tahlil, hal ini dapat membuat pelaksanaan aqiqah meningkatkan rasa cinta ibadah dengan berbuat demikian

4. Mendoakan sang bayi

Memberikan doa semoga sang anak dan mendapatkan keuntungan yang tidak terhingga.

5. Meningkatkan rasa cinta sosial sesama muslim

Mengadakan acara aqiqah memberikan kita rasa sosial terhadap umat muslim dan meningkatkan solidaritas sesama muslim.

Bagaimana sudah tahukan keutamaan tentang aqiqah dalam islam ? jangan lupa ya untuk melaksanakan aqiqah yang buah hati kita semoga jauhkan dari segala penyakit dan bahaya aamiin. Dan jangan lupa untuk komen dibawah ya !

Posting Komentar

0 Komentar