Ticker

6/recent/ticker-posts

Seger Banget! Macam-macam Rujak Di Indonesia

 


JagadMedia - Hallo Sobat Jagadians! Selain memiliki pemandangan yang mempesona, Indonesia juga punya banyak jenis kuliner yang sangat enak dan dapat menggoyang lidah kamu juga loh. Salah satunya rujak atau biasa disebut salad tradisional asli Indonesia. Tidak hanya rujak buah saja loh, Indonesia mempunyai banyak sajian kuliner rujak di setiap daerahnya dengan jenis dan rasa yang berbeda-beda juga loh. Yuk kita simak apa aja jenis rujak yang harus kamu coba.


            1. Rujak Juhi


(https://gallery-spiritdepok.poskota.co.id/storage/Foto/Rujak.Mie_.Juhi_.Betawi.jpg)

 

Rujak Juhi adalah rujak yang berasal dari Jakarta, rujak ini menggunakan cumi-cumi yang sudah di fermentasi dan dikeringkan sebagai bahan utamanya. Selain juhi juga ada bahan yang lain juga yaitu kol, kentang, selada, timun, dan kerupuk mie sebagai bahan pelengkapnya. Sedangkan untuk sausnya menggunakan saus kacang yang disiram di atasnya.


            2. Rujak Es Krim


(http://www.tokomesin.com/wp-content/uploads/2015/04/rujak_es-tokomesin.jpg)

 

Rujak Es Krim adalah rujak yang berasal dari Yogyakarta. Rujak ini berikan es krim di atasnya, isi rujak yang terdiri dari potongan buah-buahan seperti timun, kedondong, nanas, bengkoang, dan pepaya lalu disiram dengan bumbu rujak kemudian ditambahkan topping es krim di atasnya. Rasa pedas,manis dan asam yang dihasilkan dapat menghilangkan dahaga.


            3. Rujak Gobet


(https://merahputih.com/media/b2/4c/f3/b24cf319001fd2fc9d77d9b12e073fe6.jpg)

 

Rujak Gobet adalah rujak yang berasak dari Malang, rujak ini terdiri dari bermacam-macam buah seperti kedondong, bengkoang, mangga muda, nanas, mentimun, ubi jalar, dan jeruk bali yang di parut dan di rendam dalam kuah pedas, manis, dan gurih.


        4. Rujak Cingur


https://assets.pikiran-rakyat.com/crop/0x0:0x0/x/photo/2021/03/19/3200745479.jpg)

 

Rujak Cingur adalah rujak yang berasal dari Surabaya yang sudah terkenal di seluruh daerah Indonesia, rujak cingur adalah rujak yang terbuat dari lidah sapi yang direbus dengan suhu tinggi dan dilengkapi dengan buah dan sayur seperti mentimun, bengkoang, tauge, kangkung, dan kacang-kacangan lalu di siram dengan saus kacang yang gurih.


            5. Rujak Soto


(https://truffle-assets.imgix.net/85378ebb-landscape.jpg)

 

Rujak soto berasal dari Banyuwangi, rujak soto terdiri dari sayuran rebus seperti kangkung dan tauge dicampur dengan kuah special yang terbuat dari kacang tanah halus, gula merah, dan terasi. Rujak ini ditempatkan dalam mangkuk dan dituangkan bersama dengan kuah soto yang gurih dan hangat.


            6. Rujak Kuah Pindang


(https://www.kintamani.id/wp-content/uploads/Rujak-Kuah-Pindang-Khas-Bali-2.jpg)

 

Rujak Kuah Pindang adalah rujak yang berasal dari Bali, rujak kuah pindang terdiri dari berbagai irisan buah seperti mangga hijau, pepaya, jeruk bali, dan kedondong. Rujak khas Bali ini disiram kuah kepala ikan pindang. Kuah khas yang menawarkan sensai unik yakni manis, gurih, dan pedas menjadi satu.


            7. Rujak Mie


(https://www.reseppedia.com/storage/upload/Resep_Rujak_Mie_Khas_Palembang.jpg)

 

Rujak Mie adalah rujak yang berasal dari Palembang, rujak mie berisi mie kuning atau mie putih dan di padukan dengan pempek khas palembang,lalu diberi taburan mentimun serta disiram kuah cuko yang pedas, gurih, dan sedikit manis.


            8. Rujak Bulung


(https://i.ytimg.com/vi/yEuECPI2E3E/maxresdefault.jpg)

 

Rujak Bulung adalah rujak yang berasal dari Bali, rujak bulung terbuat dari rumput laut hijau yang direbus lalu dicampur dengaan kelapa parut. Sedangkan kuahnya terbuat dari pindang yang dibumbui terasi, jeruk nipis, cabai dan garam. Rujak ini mempunyai perpaduan rasa pedas,gurih,dan segar.

 

Nah, jagadians itu dia beberapa macam rujak yang ada di Indonesia loh, unik dan beragam juga ya. Kalau kamu dikasih pilihan Rujak mana yang paling buat kamu penasaran untuk dicoba? Komen di bawah ya.



















Posting Komentar

0 Komentar