Ticker

6/recent/ticker-posts

Yuk! Cari Tahu Tentang Zakat Dan Jenisnya

(https://www.dream.co.id/your-story/segudang-manfaat-zakat-fitrah-jelang-lebaran-210510z.html)

 JagadMedia - Bagi umat muslim berbayar zakat merupakan hal yang wajib dilakukan karena zakat sendiri memiliki arti bersih, suci, subur dan berkembang. Zakat dapat kita artikan yaitu bagian tertentu dari harta yang wajib dikeluarkan apabila sudah mencapai syarat tertentu. Dan harta untuk di zakatkan memiliki beberapa syarat tertentu : 

1. Diperoleh harta tersebut secara halal

2. Harta tersebut milik kita sepenuhnya

3. Harta yang merupakan harta yang dapat berkembang

4. Sesuai nisab jenis hartanya

5. Tidak memiliki hutang jangka pendek yang harus dilunasi

Dan dari zakat sendiri, memiliki beberapa jenis yaitu zakat fitrah dan zakat mal (zakat harta). Zakat mal atau zakat harta adalah zakat yang terdiri dari uang, emas, surat berharga yang diperoleh secara tidak bertentangan dengan ketentuan agama. Sedangkan zakat fitrah adalah zakat yang hanya dilakukan sebelum waktu shalat Idul fitri dilaksanakan, dan ini menjadikan hal yang berbeda dari zakat lainnya. Dan keutamaan dari kita apabila melakukan yang Namanya zakat, maka hikmah yang bisa kita rasakan adalah ;

1. Menyempurnakan Agama

Karena rukun agama keempat adalah membayar zakat maka bisa kita jadikan sebagai penyempurna agama.

2. Mensucikan dan Menambah Harta

Sesuai arti dari zakat yaitu suci, berarti kita mensucikan harta yang telah diperoleh dan membagikan kepada orang yang membutuhkan.

3. Ampunan Dosa

Apabila kita melakukan zakat tentu dosa kita akan terampuni sesuai surat Al-Maidah Ayat 12, disitu Allah menjanjikan dosa-dosa akan terampuni bagi yang mendirikan zakat, shalat, dan berimah kepada rasul.

"Sesungguhnya Aku beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan shalat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasul-Ku dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya Aku akan menutupi dosa-dosamu. Dan sesungguhnya kamu akan Kumasukkan ke dalam surga yang mengalir air didalamnya sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat dari  jalan yang lurus.” (QS. Al Maidah: 12)

4. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Zakat salah satu cara kita bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rezeki dan membagikan kepada orang lain yang membutuhkan.

5. Mendatangkan Keberkahan

Sesuai dari makna zakat yaitu berkah, dengan membayar zakat tentu hidup akan semakin dilimpahkan keberkahan dalam menjalani hidup.

Diatas merupakan penjelasan tentang zakat, semoga penjelasan diatas dapat menambah pengetahuan kita tentang zakat.Aamiin


Posting Komentar

0 Komentar