Ticker

6/recent/ticker-posts

Woah! Fakta Perjuangan Sound Effect Editor dalam Film yang Tidak Banyak Orang Ketahui

Happy Weekend Jagad readers! Hari yang cerah untuk beraktifitas atau sekedar bersenda gurau dengan keluarga maupun orang-orang tersayang di sekitar kita. Sambil menikmati akhir pekan ini, kita kepoin apasih yang sebenernya sound effect editor lakukan di belakang layar untuk support film yang digarapnya. Penasaran? Let's check this out!

Apasih Fungsi Sound Effect Itu?

Sebelum jauh membahas tentang sound effect editor, kita ketahui dahulu apasih fungsi sound effect itu sendiri?. Naaah, sound effect itu merupakan salah satu komplemen yang penting dalam proses pembuatan film. Sound effect berfungsi untuk mensimulasikan kenyataan, menambah adegan di luar scene yang sebenarnya tidak termasuk ke dalam scne saat syuting, dan untuk memberikan mood/ suasana hati di dalam film. Bayangin deh kalau misal suatu film yang kamu tonton nggak ada sound effectnya, pasti garing dong. :')

Sound Effect Editor dan Film Garapannya

Bukan hal mudah loh untuk membuat sebuah film menjadi menakjubkan. Peran sound effect editor disini sangatlah penting untuk membawa penonton ke dalam suasana pada sebuah scene di dalam film. Sound effect editor melakukan tugas dengan sangat detail loh. Nah berikut ini hal-hal yang dilakukan sound effect editor yang mungkin temen-temen belum tahu!

Mereka Tidak Hanya Membuat Suatu yang Meledak-ledak


Ketika memikirkan kata "sound effect" orang-orang biasanya terfikirkan suara-suara yang menggelagar di dalam sebuah film. Ternyata sound effect editor tidak hanya menggarap suara-suara seperti itu saja, mereka bahkan menggarap suara-suara kecil yang biasanya orang-orang tidak terlalu perhatikan. Mungkin seperti suara hembusan angin, suara kepakan burung terbang, atau bahkan suara semut! haha, becanda :v . Hal ini membantu untuk menciptakan realitas dalam sebuah scene pada film tentunya. 

Mereka Pencari Keuntungan

Nah loh? Bingung? Gini maksudnya temen-temen, soud effect editor itu dituntut untuk sangat peka terhadap suara-suara di lingkungan sekitarnya. Untuk apa? Hal ini mereka perlukan untuk melakukan perekaman suara yang dibuthkan dimanapun dan kapanpun. Beruntungnya alat perekam suara kini memiliki ukuran yang kecil dengan kualitas yang baik untuk menangkap suara sekitar. Contohnya, merekam kerumunan orang di sebuah stadion sepak bola. Sound effect editor melakukan perekaman suara yang baginya dapat mudah dilakukan tanpa harus repot-repot mengumpulkan orang-orang secara langsung, mereka bisa membawa alat perekam dan merekam suara tanpa diketahui orang-orang. Cerdas!

Menggunakan Perpustakaan Penyokong Sound Effect

Tidak hanya melakukan rekaman sendiri, sound effect editor juga biasa membeli sebuah sound effect di sebuah pepustakaan suara untuk menghemat waktu dalam penggarapannya. Terlebih jika dia gak mau repot. :')

Menggunakan Barang-barang Tak Terduga untuk Membuat Sound Effect

Ric-Schnup yang merupakan sound effect editor yang berbasis di New-York menjelaskan bahwa dalam membuat suara-suara, dia bisa menggunakan berbagai barang yang terdapat di studionya. Hingga studionya bahkan terlihat seperti tempat penimbunan! waduh :v. Hal ini dibawah tanggung jawab Foley Artist untuk membuat efek suara yang detail. Objek fisik yang digunakan seperti tempat sampah, mainan bekas, kertas-kertas, benda logam, dan lain-lain. Contohnya, lempengan marmer dan permukaan ubin untuk merekam langkah kaki serta menggunakan palet kayu dan kotak kayu untuk meniru suara berlubang dari dermaga, dermaga, dan jalan kayu. Tentunya masih banyak lagi.

Memutilasi Ayam Mentah

Waduh! Serem amat T_T Alright, sound effect editor seringkali melakukan hal-hal yang unik untuk membuat suara-suara ternyata. Hal ini biasanya dilakukan untuk membuat efek suara pada film-film horor. Menurut Schnup, salah satu cara terbaik untuk meniru suara daging yang robek adalah dengan membeli ayam mentah dan merobeknya. Geli juga ya?

Totalitas Membangun Mood Bahkan dalam Sebuah Object

Mereka akan membuat sebuah suara dengan sangat akurat untuk membangun mood yang tepat dalam setiap scene-nya. Misalnya ketika di dalam sebuah film terdapat mobil ferrari, sound effect editor akan mengumpulkan suara berbagai manuver yang dilakukan mobil ferrari tersebut seara langsung dan dikumpulkan dalam sebuah perpustakaan suara. 

Waaah, ternyata gak mudah yaa pekerjaan sound effect editor. Siapanih kira-kira dari Jagad Readers yang tertarik buat jadi sound effect editor? Ada hal-hal yang lain untuk ditambahkan? langsung komen aja di kolom komentar yaaa!

Have a Nice Day!


Sumber : mentalfloss.com, infoplease.com


Posting Komentar

0 Komentar